ELLIAN, ADI CANDRA (2024) OPTIMALISASI PERAWATAN LOADING PIPE DI DALAM CARGO TANK GUNA KELANCARAN PROSES MUAT DI KAPAL MT. JANESIA ASPHALT IV. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911127092N_SURAT PERNYATAN TIDAK PUBLIKASI)
561911127092N_SURAT PERNYATAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (468kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Ellian Adi Candra NIT 561911127092 N, 2024, “Optimalisasi perawatan loading pipe di dalam cargo tank guna kelancaran proses muat di kapal MT. Janesia Asphalt IV”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si, dan Pembimbing II: Pranyoto, S.Pi., M.AP. Loading pipe mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kelancaran proses muat (loading) di kapal. Kasus yang terjadi di kapal MT. Janesia Asphalt IV yaitu adanya pressure di manifold pada saat sedang melakukan proses muat di pelabuhan hal tersebut disebabkan oleh loading pipe yang tersumbat oleh sisa muatan aspal yang membeku dan kejadian tersebut menyebabkan kegiatan muat (loading) di pelabuhan menjadi terganggu. Rumusan masalah dalam penelitian ini terkait faktor yang menyebabkan adanya pressure di manifold pada saat proses muat sedang berjalan serta dampak yang ditimbulkan jika loading pipe memiliki lubang yang kurang maksimal akibat tersumbat. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengambil judul optimalisasi perawatan loading pipe di dalam cargo tank, yang bertujuan untuk mengetahui sistem perawatan loading pipe dan mengetahui apa yang harus dilakukan pada perawatan loading pipe di dalam cargo tank guna kelancaran proses muat di kapal MT. Janesia Asphalt IV. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh ketika peneliti melakukan penelitian di MT. Janesia Asphalt IV, sehingga didapatkan teknik keabsahan data triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab adanya pressure di manifold sehingga mengganggu berjalannya proses muat di pelabuhan dikarenakan kurang maksimalnya perawatan pada loading pipe tersebut, serta kurang maksimalnya pada cargo heating dan proses air blowing di atas kapal. Kurang optimalnya penyusunan jadwal perawatan pada loading pipe menjadi faktor utama sehingga membuat kurang maksimalnya kinerja pada loading pipe.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Asphalt, Cargo tank, Loading pipe, |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:01 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:01 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5987 |
Actions (login required)
View Item |