OPTIMALISASI PENTINGNYA PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN ENGINE LIFEBOAT DI MT. GAS NURI ARIZONA

SATRIA, YANOTTAMA (2024) OPTIMALISASI PENTINGNYA PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN ENGINE LIFEBOAT DI MT. GAS NURI ARIZONA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011237735T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011237735T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011237735T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011237735T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (572011237735T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011237735T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (374kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Yanottama, Satria. 2024. NIT: 572011237735 T, “Optimalisasi Pentingnya Perawatan dan Pemeliharaan Engine Lifeboat di MT. GAS NURI ARIZONA”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Darul Prayogo, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II: Ir. Fitri Kensiwi, M.Pd. Penelitian ini dilakukan selama menjalani praktek laut di MT. GAS HURI ARIZONA selama kurang lebih 12 bulan, pada 10 Agustus 2022 sampai 19 Agustus 2023. Pada 25 November 2022 dan 11 Februari 2023 dilakukan abandon ship drill di perairan pelabuhan cilegon. Lifeboat sempat mengalami kegagalan ketika melakukan start engine lifeboat dan ketika uji mesin keliling kapal engine lifeboat sempat mengalami mati dan sempat mengalami gagal saat mesin dihidupkan. Lifeboat merupakan alat penolong yang berbentuk perahu dan memiliki motor penggerak, serta dapat mengangkut lebih banyak daripada alat penolong lain yang ada di kapal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab, dampak, dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kurang optimalnya perawatan dan pemeliharaan engine lifeboat. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, triangulasi hasil dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan teknik analisis data SHEL dan USG, peneliti mengidentifikasi faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkait penyebab kurang optimalnya perawatan dan pemeliharaan terhadap engine lifeboat. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kurang optimalnya perawatan dan pemeliharaan engine lifeboat karena kurangnya perawatan pada Plan Maintenance System yang berdampak pada kinerja engine lifeboat sehingga tidak optimal, tidak adanya minyak pelumas mengakibatkan berkaratnya bagian engine lifeboat, cuaca buruk mengakibatkan tertundanya perawatan dan pemeliharaan terhadap engine lifeboat, serta kurangnya ketelitian dalam penanganan engine lifeboat menyebabkan kerusakan pada engine lifeboat karena perawatan yang kurang optimal. Upaya yang dapat dilakukan agar perawatan dan pemeliharaan engine lifeboat dapat berjalan dengan optimal adalah menerapkan Plan Maintenance System (PMS) sesuai dengan ketentuan dan panduan yang ada, melakukan pengecekan dan pelumasan engine lifeboat, membuat jadwal pengganti untuk perawatan ketika cuaca buruk, dan meningkatkan ketelitian penanganan terhadap kerusakan pada engine lifeboat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimalisasi, Perawatan, Pemeliharaan, Engine Lifeboat
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:49
Last Modified: 18 Oct 2024 03:49
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5985

Actions (login required)

View Item View Item