RIO, DUTA RIZQI PRAMUDITA (2024) TERCAMPURNYA MINYAK LUMAS DAN AIR TAWAR DI DALAM CARTER AUXILIARY ENGINE NO 2 DI MV. TEMBAGA SEA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011227662T_PROSIDING_FULLTEXT)
572011227662T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak-Pengoperasian dengan efisiensi dan efektivitas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dapat mengurangi risiko kerusakan yang tidak terduga pada kapal. Tanpa pelumasan yang tepat, gesekan antara bagian yang bergerak yang bersinggungan atau bergesekan satu sama lain dapat menyebabkan kerusakan parah, yang pada akhirnya menghambat operasi kapal. Pada saat peneliti melakukan praktek laut di MV. Tembaga Sea, 20 Februari 2023 dan kapal sedang melakukan anchorage di buih alfa Freeport Indonesia, generator diesel mengalami masalah teknis yang menyebabkan penurunan tekanan oli pelumas secara tiba- tiba, sehingga mengakibatkan hilangnya daya di kapal selama 10 menit. Tujuan penelitian ini guna mengetahui faktor penyebab, dampak dari tercampurnya minyak lumas dan air tawar di dalam carter, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data RCA (Root Cause Analysis) 5 why guna memperolah hasil akar penyebab dari penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan menggunakan teknik pengujian keabsahan data triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tercampurnya minyak lumas dan air tawar di dalam carter disebabkan oleh cylinder liner berlubang dan terdapat kerusakan pada packing cylinder head. Masalah tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada piston dan crankshaft sehingga mengalami penurunan performa mesin dan mengalami overheating. Upaya untuk mengatasi tercampurnya minyak lumas dan air tawar di dalam carter yaitu melakukan penggantian cylinder liner yang berlubang dengan cylinder liner yang baru dan melakukan pergantian pada packing cylinder head. Untuk itu sebaiknya melakukan pemeriksaan dan perawatan auxiliary engine guna mencegah terjadinya kebocoran dan hal lain yang tidak diinginkan. Selain itu, mengganti komponen auxiliary engine yang sudah rusak dan diganti dengan komponen baru perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan kinerja mesin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : minyak lumas, auxiliary engine, air tawar. |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:20 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5968 |
Actions (login required)
View Item |