ANALISIS KENAIKAN SUHU GAS BUANG MESIN INDUK DISESEL SULZER TYPE 6RTA48T DI MV. DK02

MUHAMMAD, FARHAN DZAQWAN DZAFRAN (2024) ANALISIS KENAIKAN SUHU GAS BUANG MESIN INDUK DISESEL SULZER TYPE 6RTA48T DI MV. DK02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011217633T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217633T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011217633T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217633T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (572011217633T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217633T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (62kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dzafran, Muhammad Farhan Dzaqwan. 2024. “Analisis kenaikan suhu gas buang mesin induk diesel sulzer type 6rta48t di MV. DK 02”. Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Muh. Harliman Saleh, M.Pd, Pembimbing II: Anicitus Agung Nugroho, S.Si.T., M.Pd. Kenaikan suhu gas buang berdampak pada keagagalan mesin induk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penyebab kenaikan suhu gas buang mesin induk, untuk memahami dan mengevaluasi dampak kenaikan suhu gas buang mesin induk, serta menganalisis cara mengatasi kenaikan suhu gas buang mesin induk di MV. DK 02. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi,wawancara dan studi dokumentasi.. Fishbone analysis digunakan untuk mengidentifikasi penyebab kenaikan suhu gas buang pada mesin induk kemuidan data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif.teknik pengambilan sampel penelitian melalui teknik purposesif sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan suhu gas buang disebabkan kru mesin lalai dalam pemantauan dan pengecekan pada control panel, kerusakan pada injector dan intercooler berdampak pada kenaikan suhu gas buang mesin induk,kualitas bahan bakar buruk, kotornya sudu-sudu turbine pada turbocharge, ketidaksesuaian pelaksanaan perawatan injector dan intercooler pada plan maintenance system, koordinasi kru mesin kurang harmonis. Dampak kenaikan suhu gas buang tersebut menyebabkan keruskan pada komponen mesin induk, Cara mengatasi kenaikan suhu gas buang pada mesin induk adalah pelatihan bagi kru mesin pada perawatan dan kebersihan injector,intercooler dan turboocharge semua mengenai pentingnya perawatan rutin dan prosedur yang benar dan terapkan aturan yang ketat untuk memastikan prosedur perawatan diikuti dengan disiplin, Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi sesuai dengan spesifikasi mesin, melakukan perawatan dan pembersihan secara berkala pada semua komponen mesin induk sesuai dengan plan maintenance system,

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keyword : Kenaikan suhu gas buang, mesin induk, dampak
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 17 Oct 2024 07:43
Last Modified: 17 Oct 2024 07:43
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item