GANANG, FAHREZA (2024) STRATEGI KERJA DIESEL GENERATOR DI KAPAL MT. PANCARAN 120: MIX METHOD. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011217607T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217607T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011217607T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217607T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (572011217607T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217607T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (56kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Fahreza Ganang, 2024, NIT: 572011217607 T, “Strategi Kerja Diesel Generator di Kapal MT. Pancaran 120 : Mix Method”. Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. A Agus Tjahjono M.M, M.Mar.E., pembimbing II: Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. Diesel Generator (DG) merupakan salah satu mesin bantu yang berfungsi sebagai pembangkit listrik di kapal. Berdasarkan pengalaman Penulis, pada tanggal 05 Maret 2023 di pelabuhan Belawan, kapal sedang melakukan bunker pada tanki kiri no.2 dan pada hari itu juga saat proses bunker selesai. Pada saat proses OHN semua mesin sudah running semua namun selang beberapa menit tiba-tiba kapal blackout. Setelah dilakukan pengecekan ditemukan masalah pada bahan bakar yang terkontaminasi air dan kotornya pada filter bahan bakar pada DG no.2. Tujuan penelitian ini guna mengetahui faktor penyebab kontaminasi bahan bakar, dampak dari kontaminasi bahan bakar, upaya guna mencegah kontaminasi bahan bakar, mengetahui strategi optimalisasi kinerja DG, serta mengetahui pengaruh bahan bakar, perawatan, dan SDM terhadap kinerja DG, yang akan mempengaruhi kinerja Main Engine. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah mix metode dengan teknik analisis data SWOT dan Analisis SmartPLS guna memperolah data mengenai strategi optimalisasi pada DG. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bersama Chief Engineer dan Masinis III, menyebar kuisioner untuk Taruna prodi teknik semester 7, observasi bersama crew engine dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan air di dalam tangki, endapan yang meyumbat filter dan injektor yang sudah kotor menjadi faktor utama turunnya kinerja DG. Kontaminasi bahan bakar pada Diesel Generator dapat menyebabkan penurunan kinerja, kerusakan komponen, gangguan pasokan listrik, dan penundaan perjalanan kapal. Perawatan rutin pada tangki bahan bakar, injektor, dan filter bahan bakar serta keterlibatan awak kapal dalam pengawasan sangat diperlukan. Analisis SWOT menunjukkan strategi yang memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal efektif dalam meningkatkan kinerja mesin diesel. Metode SmartPLS menunjukkan bahan bakar, perawatan, dan sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja Diesel Generator dan mesin induk. Kualitas bahan bakar, perawatan yang tepat, dan kompetensi kru adalah faktor kunci peningkatan kinerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Bahan Bakar, Diesel Generator, SWOT, SmartPLS |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:52 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:52 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5941 |
Actions (login required)
View Item |