Analisis Olah Gerak Kapal Di Alur Pelayaran Sempit Di Sungai Mahakam Pada MV. Spil Renata

ANDREA, LUTFHI RS (2024) Analisis Olah Gerak Kapal Di Alur Pelayaran Sempit Di Sungai Mahakam Pada MV. Spil Renata. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011137886N_PROSIDING_FULLTEXT)
572011137886N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstrak - Dalam proses olah gerak masuk suatu alur pelayaran sempit atau sungai, dibutuhkan suatu keahlian khusus dan perhatian lebih dibanding berlayar di laut bebas. Bahan IMO dalam aturan colregs memberikan perhatian khusus yang tercantum pada aturan 9 mengenai alur pelayaran sempit. Dalam memasuki alur pelayaran sempit, kapal selalu mendapatkan resiko bahaya tubrukan dan kandas. Rumusan masalah di penelitian ini adalah persiapan apa saja yang disiapkan kru sebelum memasuki Sungai Mahakam, faktor apa saja yang menjadi penyebab tubrukan kapal, dan upaya apa saja yang dilakukan oleh kru setelah terjadi tubrukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan memasuki Sungai Mahakam, faktor penyebab terjadinya tubrukan, dan upaya yang dilakukan oleh kru kapal setelah terjadinya tubrukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci tentang olah gerak kapal dalam memasuki alur pelayaran sempit di S ungai Mahakam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden yang sudah di wawancarai adalah Nahkoda, Mualim II dan Mualim III. Wawancara ini dilakukan pada tanggal 04 September 2022 sampai dengan 28 September 2022 di MV. S pil Renata. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data US G (Urgency, seriousness, Growth) untuk mencari penyelesaian masalah dan faktor yang di amati seperti pada masalah tentang MV. S pil Renata yang mengalami tubrukan di S ungai Mahakam Dalam memasuki alur pelayaran sempit di Sungai Mahakam, dibutuhkan suatu persiapan agar kapal terhindar dari risiko kandas dan tubrukan. Persiapan yang dilakukan adalah menghubungi radio setempat, melakukan safety meeting dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti alat-alat navigasi dan mesin yang sehat. Dari masalah yang terjadi, terdapat faktor yang menjadi penyebab tubrukan meliputi, faktor kelalaian kru kapal, faktor angin dan arus serta kurangnya komunikasi. Untuk meminimalisasi kerusakan yang terjadi, upaya yang dilakukan adalah mempertahankan kapal agar kapal kembali dalam posisi aman serta mencatat kejadian tersebut di logbook kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Olah Gerak Kapal, Alur Pelayaran Sempit, Tubrukan
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:21
Last Modified: 09 Oct 2024 07:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5936

Actions (login required)

View Item View Item