SEPTHA, ARSANDI (2024) PENANGANAN ADANYA GENANGAN AIR PADA PALKA 2 DI MV. AMANAH HALMAHERA AMC. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011127802N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011127802N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011127802N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011127802N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (8MB) |
|
Pdf (572011127802N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011127802N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (65kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Arsandi, Septha. 2024. “Penanganan Adanya Genangan Air Pada Palka 2 Di MV. Amanah Halmahera AMC”. Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Manungku Trinata Pramudhita., S.Si.T., M.Pd. Pembimbing II: Anicitus Agung Nugroho, S.Si.T., M.Si. Palka kapal adalah salah satu elemen penting dalam struktur kapal dalam menjaga stabilitas dan keselamatan kapal. Kontruksi palka (cargo hold) harus tahan air atau water tight dari air laut maupun air hujan. Untuk mengantisipasi adanya air dalam palka, setiap palka dilengkapi got (bilges) sebagai saluran pembuangan air jika ada air yang masuk dalam palka. Akan tetapi, pada kenyataannya ditemukan permasalahan pada pompa bilges yang menyebabkan adanya genangan air pada ruang muat kapal. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti mengevaluasi permasalahan adanya genangan air di dalam palka MV. Amanah Halmahera AMC. Dalam penelitian ini peneliti menjadikan faktor penyebab terjadinya genangan air, upaya untuk menanggulangi adanya genangan air, dan cara efektif untuk memprediksi dan memantau potensi genangan air pada MV. Amanah Halmahera AMC sebagai rumusan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Kemudian dalam proses penelitian, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka yang digunakan sebagai penunjang data penelitian. Setelah mendapatkan data dilakukan pengujian triangulasi untuk mengecek kebenaran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang perawatan sesuai dengan PMS (Planned Maintenance System) yang ada di kapal menyebabkan adanya genangan air pada cargo hold, kemudian dilakukan upaya penanggulangan dengan pengeringan cargo hold dengan menggunakan pompa celup. Peneliti menemukan cara efektif dalam memprediksi dan memantau potensi genangan air dengan mengecek keadaan kapal dengan melakukan sounding setiap hari pada tangki kapal dan semua perwira jaga wajib memastikan alarm got palka di anjungan dapat berfungsi dengan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: bilges, genangan air, palka |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 05:29 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 05:29 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5929 |
Actions (login required)
View Item |