RIZKY, FATHULLAH (2024) Optimalisasi Penurunan Tekanan Tangki Saat Memuat Campuran LPG (Propana & Butana) di Kapal LPG/C Gas Laura. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011117781N_PROSIDING_FULLTEXT)
572011117781N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak - Liquefied Petroleum Gas (LPG) merupakan gas minyak bumi yang dicairkan dimuat dalam tekanan tinggi atau temperatur sangat rendah, sehingga mengetahui bagaimana penanganan suhu dan tekanan pada tangki muatan saat proses loading agar selalu stabil. Landasan teori yang digunakan adalah teori penurunan pressure tank pada proses loading muatan LPG Mix (propane & butane) di kapal LPG/C Gas Laura dengan menggunakan bantuan alat cargo spray, water spray, dan cargo compressor. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan metode Fishbone Analisys serta pengumpulan data secara wawancara dengan kru kapal, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini didukung triangulasi teknik pengumpulan data yang dibandingkan dengan sumber lain untuk memastikan keabsahan data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kenaikan tekanan tangki pada proses loading muatan LPG Mix adalah cuaca yang panas, muatan dari darat yang panas dan proses penurunannya tidak maksimal karena hanya menggunakan cargo compressor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Tekanan, loading, liquefied Petroleum Gas (LPG) |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:27 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:27 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5926 |
Actions (login required)
View Item |