RIZKY, FATHULLAH (2024) OPTIMALISASI PENURUNAN TEKANAN TANGKI PADA PROSES LOADING MUATAN LPG MIX (PROPANE & BUTANE) DI KAPAL LPG/C GAS LAURA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011117781N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011117781N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011117781N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011117781N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (572011117781N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011117781N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAK Fathullah, Rizky. 2024. “Optimalisasi Penurunan Tekanan Tangki Pada Proses Loading Muatan LPG Mix (Propane & Butane) Di Kapal LPG/C Gas Laura”. Skirpsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dian Kurnianing Sari., S.ST., M.M Pembimbing II: Riyadini Utari., M.Si. Liquefied Petroleum Gas (LPG) merupakan gas minyak bumi yang dicairkan dimuat dalam tekanan tinggi atau temperatur sangat rendah, sehingga perlu mengetahui bagaimana penanganan suhu dan tekanan pada tangki muatan saat proses loading agar selalu stabil atau keadaan batas normal. Landasan teori yang digunakan adalah teori penurunan pressure tank pada proses loading muatan LPG Mix (propane & butane) di kapal LPG/C Gas Laura dengan menggunakan bantuan alat cargo spray, water spray, dan cargo compressor. High pressure tank ini dipengaruhi beberapa faktor yaitu cuaca, lingkungan, material yang panas dan manusia itu sendiri. Maka dari suhu dan tekanan pada tangki nuatan harus tetap dalam keadaan normal. Sehingga tercapai tujuan untuk dapat mengetahui penyebab utama terjadinya high pressure tank dan mencari cara untuk memaksimalkan penurunannya. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan metode Fishbone Analisys serta pengumpulan data secara wawancara dengan kru kapal, observasi pengamatan langsung di kapal LPG/C Gas Laura, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini didukung triangulasi teknik pengumpulan data yang dibandingkan dengan sumber lain untuk memastikan kesesuaian dan keabsahan data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kenaikan tekanan tangki pada proses loading muatan LPG Mix adalah cuaca yang panas saat proses loading berlangsung diikuti dengan muatan dari darat yang panas menyebabkan terjadinya high pressure tank dimana proses penurunannya tidak maksimal karena hanya menggunakan cargo compressor. Sehingga untuk memaksimalkan dalam penurunan tekanan tangki harus dengan penggabungan 3 cara sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu cargo spray, water spray, dan cargo compressor. Dengan selalu melakukan perawatan yang terjadwal serta mengecek kembali sebelum digunakan agar tidak terjadi kegagalan dalam menjalankan peralatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Tekanan, loading, liquefied Petroleum Gas (LPG) |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5925 |
Actions (login required)
View Item |