OPTIMALISASI PROSES BONGKAR MUAT JENIS LPG MIX DI KAPAL TIPE FULLY PRESSURIZED LPG/C GAS AMBALAT

SELOMITA, PISCES ALFIONITA (2024) OPTIMALISASI PROSES BONGKAR MUAT JENIS LPG MIX DI KAPAL TIPE FULLY PRESSURIZED LPG/C GAS AMBALAT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011117756N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011117756N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011117756N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011117756N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (572011117756N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011117756N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK SELOMITA PISCES ALFIONITA, 2024, NIT: 572011117756N “Optimalisasi Proses Bongkar Muat Jenis LPG MIX di Jenis Kapal Fully Pressurized LPG/C GAS AMBALAT”Program DVI, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing : (I) Capt.Dian Kurnianing Sari., S.ST., M.M. (II) Pranyoto., SP1., M.AP Secara umum LPG MIX merupakan senyawa hidrokarbon berupa Propane (C3H8), Butane (C4H10), dan campuran keduanya. Rentan terjadi kebocoran membuat penanganan muatan inipun sangat berbeda dengan muatan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang ada dalam proses penelitian utamanya terkait dengan hal-hal yang menyebabkan keterlambatan proses bongkar muat yaitu : 1) Mengapa terjadi keterlambatan proses bongkar muat Propane (C3H8) dan Butane (C4H10) di kapal LPG/C GAS AMBALAT?, 2) Apa akibat dari terjadinya keterlambatan pada saat proses bongkar muat Propane (C3H8) dan Butane (C4H10) di kapal LPG/C GAS AMBALAT?, dan 3) Bagaimana upaya untuk menanggulangi keterlambatan yang terjadi saat proses bongkar muat Propane (C3H8) dan Butane (C4H10) di kapal LPG/C Gas Ambalat? Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti di dalam menyampaikan masalah adalah metode kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi di atas kapal LPG/C Gas Ambalat. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode Fishbone dengan memadukan data primer dan sekunder sehingga dapat ditemukan hasil penelitian yang valid. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti selama praktek laut di kapal LPG/C GAS AMBALAT mengenai proses bongkar muat ditemukan adanya masalah-masalah dalam kegiatan pemuatan dan pembongkaran LPG MIX yaitu keterlambatan pada proses bongkar muat yang diakibatkan oleh komunikasi yang tidak baik antara kru kapal dan petugas darat. Pentingnya kesadaran untuk melakukan pengecekan ulang terhadap alat-alat yang akan digunakan untuk cargo operation agar dapat mengetahui jika terdapat kerusakan pada alat tersebut. Dalam hal ini disimpulkan bahwa kurangnya kesadaran kru kapal tentang pengecekan ulang terhadap alat-alat yang akan digunakan untuk cargo operation, dan kurangnya koordinasi atau komunikasi yang baik antara kru kapal dengan petugas darat (pelabuhan) adalah penyebab masih terjadinya keterlambatan proses bongkar muat di kapal LPG/C GAS AMBALAT serta peningkatan tekanan tangki saat bongkar muat akibat masalah tersebut dapat menyebabkan kapal kehilangan muatan dan bahaya ledakan kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bongkar Muat, LPG, Fully Pressurized
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 09 Oct 2024 00:47
Last Modified: 09 Oct 2024 00:47
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item