DEVY, SAFITRI (2024) OPTIMALISASI PELAYANAN PENUMPANG SAAT PEAK SEASON DI KM.LABOBAR MENGACU PADA STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PT.PELNI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011117740N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011117740N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011117740N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011117740N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (4MB) |
|
Pdf (572011117740N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011117740N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (62kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Safitri, Devy , NIT. 572011117740 N, 2024, “ Optimalisasi Pelayanan Penumpang Saat Peak Season di KM.LabobarMengacu Pada Standar Operasional Prosedur PT.PELNI”. Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar. Pembimbing II: Fatimah, S.Pd., M.Pd. Pelayanan penumpang merupakan hal penting dalam pengoperasian kapal penumpang. Standar pelayanan penumpang yang baik dapat dilihat dari situasi dan kondisi yang kondusif di atas kapal, ada tidaknya keluhan dari penumpang, dan rasa kepercayaan penumpang. Pelayanan prima dan keamanan merupakan bentuk pelayanan yang memadai sehingga akan menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang yang berada diatas kapal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menemukan adanya faktor- faktor penyebab kurang optimalnya pelayanan utamanya pada masa peak season. Maka dari itu perlu untuk mengetahui upaya apa yang harus dilakukan agar pelayanan penumpang saat peak season dapat terlaksana secara optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pola deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh melalui observasi di atas kapal KM. Labobar, wawancara dengan kru, dan dokumentasi. Penelitian ini didukung dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menemukan faktor-faktor yang menyebabkan kurang optimalnya pelayanan penumpang saat peak season adalah dikarenakan kurangnya personil keamanan, lonjakan penumpang, kurangnya CCTV, dan kelelahan kru kapal. Dampak dari pelayanan yang kurang optimal yaitu terjadi tindak kejahatan, penumpang tidak sesuai antara nomor seat dan tiket, kurang alat pemantau dek penumpang, dan tidak optimalnya pemberian pelayanan. Mengadakan Safety Meeting terkait pemberian pelayanan yang sesuai SOP adalah upaya utama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan penumpang saat peak season. Selain dengan upaya tersebut dengan cara lain yaitu dapat dengan menambah jumlah personil keamanan dan CCTV serta mengecek tiket penumpang yang akan naik ke atas kapal guna mengoptimalkan pelayanan penumpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pelayanan Penumpang, Peak Season, SOP |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 08:03 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:03 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5913 |
Actions (login required)
View Item |