PERAWATAN LO COOLER PADA D/G DI KAPAL MV. ARIMBI BARUNA

FADHILAH, AKBAR (2024) PERAWATAN LO COOLER PADA D/G DI KAPAL MV. ARIMBI BARUNA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217220T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217220T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217220T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217220T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (561911217220T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217220T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (273kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Akbar, Fadhilah. 2024. "Perawatan Lo Cooler pada D/G No. 2 di Kapal MV. Arimbi Baruna". Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Muh. Harliman Saleh, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. Hal yang melatarbelakangi dalam penelitian ini yaitu terkait peranan sarana transportasi laut sangatlah penting di Indonesia karena merupakan Negara kepulauan, sarana transportasi laut tidak hanya memperlancar hubungan antar pulau atau daerah, tetapi juga akan membuka sumber-sumber kehidupan masyarakat yang lebih luas dan lebih merata di seluruh wilayah. Kelancaran sarana transportasi laut membantu mencapai sasaran pembangunan nasional melalui pengembangan potensial ekonomi yang ada. Kelancaran sarana transportasi laut membantu mencapai sasaran pembangunan nasional melalui pengembangan potensial ekonomi yang ada. Sarana transportasi laut sangat berperan penting pada kemajuan perekonomian. Oleh sebab itu, keselamatan pelayaran menjadi salah satu faktor yang nyata sehingga kapal bisa beroperasi dengan seharusnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor penyebab naiknya suhu dan cara merawat Lo Cooler pada D/G di kapal MV. Arimbi Baruna. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang menyebabkan panas dan cara perawatan lubricating oil cooler untuk menjaga suhu sesuai yang ditentukan pada D/G di kapal MV Arimbi Baruna. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu miles dan huberman dan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif.Hasil dari penelitian ini menjelaskan terkait faktor penyebab panasnya Lo Cooler serta cara merawat Lo Cooler pada D/G. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menjelaskan bahwa faktor penyebab panasnya lubricating oil coller terjadinya sumbatan pada pipa-pipa di dalam Lo Cooler yang disebabkan oleh kotoran yang terbawa oleh air laut adanya sambungan antar pipa pendingin air laut yang mengalami kebocoran, menurunnya tekanan pompa pendingin air laut serta kotornya filter pompa pendingin air laut. Adapun cara perawatan lubricating oil coller pada diesel generator membersihkan kotoran yang ada di pipa Lo Cooler, mengecek tekanan pompa pendingin air laut, mengecek filter pompa pendingin, melakukan perawatan rutin. Saran dalam penelitian seringnyaelakukan perawatan dan memeriksa secara rutin terhadap semua bagian dari Lo Cooler sesuai dengan intruksi manual book serta jika terjadi kenaikan suhu panas pada Lo Cooler segera lakukan perbaikan sementara ataupun jangka panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : D/G, Lo Cooler
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:03
Last Modified: 08 Oct 2024 03:03
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item