MUSA, NUR MA’RIFATULLAH (2024) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA KEBOCORAN CARGO PIPE LINE DALAM RUANG POMPA SEBELUM MASUK GALANGAN DI KAPAL MT. PANDERMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911137166N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911137166N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911137166N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911137166N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (561911137166N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911137166N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (65kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Ma’rifatullah, Musa Nur, 561911137166 N, 2024, “Analisis Penyebab Terjadinya Kebocoran Cargo Pipe Line Dalam Ruang Pompa Sebelum Masuk Galangan di Kapal MT. Panderman”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Samsul Huda, M.Mar., M.M, Pembimbing II: Pranyoto, S.Pi., M.AP. Kebocoran adalah keadaan suatu benda dimana terjadi kerusakan berupa lubang atau celah kecil maupun besar yang dapat menyebabkan keluarnya zat yang melewati benda tersebut keluar, baik itu memiliki wujud cair, padat maupun gas. Peneliti melakukan analisis terhadap kebocoran di antara pipa cargo dan valve yang terjadi di ruang pompa kapal MT. Panderman pada saat kapal sebelum masuk galangan kapal dan berada di Anchorage Area di Tanung Uncang, Batam. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mencari tahu faktor-faktor penyebab terjadinya kebocoran di cargo pipe line di dalam ruang pompa pada kapal MT. Panderman. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan strategi analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Dalam pengujian keabsahan data penelitian menggunakan metode triangualasi. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya kebocoran antara cargo pipe line dan valve yang berada di ruang pompa kapal yang dilakukan pada saat kapal melakukan sludge removal dan menjadi titik fokus penyebab yaitu saat melakukan pembukaan bypass valve antara pompa stripping dan pipa kargo, tekanan dari pompa stripping yang digunakan untuk menekan sludge dari LSWR dan SLC di cargo line No. 3 yang memperburuk keadaan gasket antara valve dan pipa cargo yang sudah mengalami keausan atau malfunction. Dampak yang ditimbulkan dari kebocoran tersebut adalah tumpahnya minyak ke dinding sampai ke dasar ruang pompa dalam jumlah banyak. Upaya yang dilakukan adalah pembersihan dilakukan secara total pada ruang pompa sesuai standard operational procedure (SOP), pembersihan meliputi penyedotan dari sludge yang menggenang serta penggunaan peralatan SOPEP, penggantian gasket yang sudah mengalami malfungsi dan pelaksanaan pressure test setelah perbaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kebocoran, Sludge, Valve |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 08:30 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:34 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5884 |
Actions (login required)
View Item |