OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN LPG PADA SAAT MEMUAT GUNA MENCEGAH TERJADINYA KENAIKAN PRESSURE DI TANGKI YANG BERLEBIH STUDI KASUS KAPAL GAS KALIMANTAN

YUDA, RIZAL FEBRIANTO (2024) OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN LPG PADA SAAT MEMUAT GUNA MENCEGAH TERJADINYA KENAIKAN PRESSURE DI TANGKI YANG BERLEBIH STUDI KASUS KAPAL GAS KALIMANTAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911117084N_PROSIDING_FULLTEXT)
561911117084N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstrak - Hal yang melatarbelakangi dalam penelitian ini yaitu terkait peranan sarana transportasi laut sangatlah penting di Indonesia karena merupakan Negara kepulauan, sarana transportasi laut tidak hanya memperlancar hubungan antar pulau atau daerah, tetapi juga akan membuka sumber-sumber kehidupan masyarakat yang lebih luas dan lebih merata di seluruh wilayah. Kelancaran sarana transportasi laut membantu mencapai sasaran pembangunan nasional melalui pengembangan potensial ekonomi yang ada. Kelancaran sarana transportasi laut membantu mencapai sasaran pembangunan nasional melalui pengembangan potensial ekonomi yang ada. Sarana transportasi laut sangat berperan penting pada kemajuan perekonomian. Oleh sebab itu, keselamatan pelayaran menjadi salah satu faktor yang nyata sehingga kapal bisa beroperasi dengan seharusnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dalam pelaksanaan distribusi muatan LPG dari kapal VLGC ke kapal-kapal penerima muatan sering dijumpai suatu hambatan dan kendala. Seperti kasus yang pernah terjadi pada kapal Gas Kalimantan, yaitu saat sedang proses memuat di Pangkalan susu dengan VLGC Pertamina Patra II / Rubra sebagai mothership dan MT. Gas Kalimantan sebagai shuttle ship, mengalami kenaikan tekanan mencapai 7,4 barg dan terus menaik secara perlahan. Kejadian ini mengakibatkan transfer rate terhambat dan apabila tidak diatasi dengan cepat, maka akan membahayakan bagi keselamatan seluruh krew di kapal baik kapal mothership maupun shuttle ship. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana data yang didapatkan dari kapal MT. Gas Kalimantan melalui observasi dan dokumentasi di atas kapal. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan dan hasil temuan atau data yang didapatkan peneliti di atas kapal, maka dapat disimpulkan bahwa High pressure tank saat proses pemuatan LPG terjadi kenaikan tekanan / suhu, dimana proses pemindahan muatan dari mother ship ke shuttle ship. Muatan yang diterima oleh shuttle ship sudah tinggi tekanannya, serta cuaca ekstrim yang panas sehungga meningkatkan suhu permukaan tangki

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: LPG, Pressure
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:20
Last Modified: 07 Oct 2024 03:20
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5872

Actions (login required)

View Item View Item