ANALISIS TEKANAN MINYAK PELUMAS MAIN ENGINE YANG MENURUN DI MV. TANTO LANCAR

DEWA NUR, AKHMAT BAYU SETIAWAN (2024) ANALISIS TEKANAN MINYAK PELUMAS MAIN ENGINE YANG MENURUN DI MV. TANTO LANCAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911237312T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237312T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911237312T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237312T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (561911237312T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237312T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Setiawan, B. A. N. D. 2024. “Ananlisis Tekanan Minyak Pelumas Main Engine yang Menurun di MV. Tanto Lancar”. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T., Pembimbing II: Dr. Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar. Kapal merupakan sarana angkutan laut yang ekonomis dibanding angkutan darat maupun udara karena kapasitas volume muat barang yang di angkat lebih besar agar dalam proses pengangkutan dapat berlangsung dengan aman dan cepat hal tersebut dapat dicapai apabila ditunjang dengan mesin kapal yang baik dan lancar dalam pengoperasiannya. Pengoperasian kapal yang baik ini tidak lepas dari main engine yang dapat bekerja dengan lancar main engine ini dapat di pengaruhi oleh tekanan minyak lumas agar dapat menunjang kerja main engine dan tekanan normal minyak pelumas di kapal MV . Tanto Lancar yaitu 4.0-6.0 kg/cm2. Dari permasalahan yaitu tekanan minyak pelumas main engine yang menurun dari tekanan normalnya, bertujuan untuk mengetahui penyebab penurunan minyak pelumas,untuk mengetahui dampak dari penyebab turunnya tekanan minyak pelumas dan upaya untuk mengatasi penyebab permasalahan tekanan minyak pelumas menurun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Software, Hardware, Environment, dan Liveware (SHELL) dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh penelitian ini yaitu saringan oli tersumbat, pipa minyak pelumas bocor, main bearing oil pump aus. Dampak yang terjadi yaitu peningkatan suhu mesin, resiko kerusakan mesin, penurunan tekanan, kurangnya pelumasan, kerusakan komponen, adanya gesekan pada main bearing, crankpin bearing oil pump, gesekan berlebihan, kinerja mesin menurun. Upaya untuk mengatasi yaitu melakukan pembersihan terhadap saringan filter, melakukan penggantian pipa minyak lumas yang bocor, melakukan penggantian bearing oil pump.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minyak pelumas, main engine
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:06
Last Modified: 02 Aug 2024 08:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item