ANALISIS SISTEM KERJA BALLAST UNTUK MENUNJANG KELANCARAN BONGKAR MUAT PADA MV PAN EPIC

RAFI’ ARKAAN, MAULANA ARTANTO (2024) ANALISIS SISTEM KERJA BALLAST UNTUK MENUNJANG KELANCARAN BONGKAR MUAT PADA MV PAN EPIC. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011137864N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011137864N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (310kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Artanto, Rafi’ Arkaan Maulana. 2024. “Analisis Sistem Kerja Ballast Untuk Menunjang Kelancaran Bongkar Muat Pada MV Pan Epic”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Iskandar., S.H., M.T , Pembimbing II: Ir Fitri Kensiwi, MPd Sistem ballast adalah peralatan penting yang harus ada di kapal untuk memastikan kelancaran operasional. Sistem ballast adalah alat yang digunakan untuk mengatur kondisi trim kapal saat kapal melakukan pelayaran dan juga mengatur sarat kapal ketika kapal berlayar dengan muatan kosong atau setengah penuh. Sistem ballast yang tidak berjalan sesuai rencana, akan menimbulkan masalah, seperti proses bongkar muat yang terhambat, sehingga mengakibatkan pengiriman barang ke pelabuhan tujuan tertunda, untuk menghindari hal tersebut maka peneliti melakukan Analisis Sistem Kerja Ballast Untuk Menunjang Kelancaran Bongkar Muat Pada MV Pan Epic. Dibuatnya penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses pengoptimalisasi sistem kerja ballast dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja sistem ballast pada saat proses bongkar muat, mengetahui upaya yang dilakukan agar sistem kerja ballast dapat beroprasi secara maksimal, dan mengetahui dampak yang dapat timbul jika sistem kerja ballast tidak beroperasi secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode Deskripsi Kualitatif, dengan langkah langkah observasi partisipatif selama peneliti melaksanakan praktek laut, wawancara mendalam dengan perwira diatas kapal sebagai informan juga melaui studi dokumentasi, dan akan diolah menggunakan teknik analisis diantaranya penggunaan diagram fishbone, untuk selanjutnya mencapai proses kesepakatan yang dicapai melalui konsensus tentang penyebab yang paling signifikan dan dapat diatasi. Pengujian keabsahan yang mencakup uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), uji dependability (reliabilitas), dan uji comfirmability (obyektivitas) untuk menilai keakuratan data yang digunakan. Penelitian yang telah dilakukan ini mendapatkan hasil bahwa faktor penyebab tidak optimalnya pelaksanaan bongkar muat yang dikarenan kerusakan sistem ballast yang pada MV Pan Epik yaitu disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri diantaranya seperti Kurangnya rasa tanggung jawab, kurangnya pelatihan dan pemahaman tentang pentingnya pemeliharaan sistem ballast. Akan lebih baik apabila crew kapal melakukan perawatan dan perbaikan yang dilakukan secara berkala dan mengadakan familiarisasi untuk crew kapal, dan toolbox meeting sebelum dan sesudah proses bongkar muat agar menambah wawasan dan juga mengerti akan tugas mereka, Sehingga kedepannya proses bongkar muat dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimal, Sistem Ballast , Bongkar Muat
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:34
Last Modified: 02 Aug 2024 07:34
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5856

Actions (login required)

View Item View Item