STRATEGI OPTIMALISASI KINERJA DIESEL GENERATOR DI KAPAL MV. KARTINI SAMUDRA: SEBUAH PENDEKATAN DENGAN METODE ANALISIS FFA DAN SMARTPLS

YUDANTAMA, YUDANTAMA (2024) STRATEGI OPTIMALISASI KINERJA DIESEL GENERATOR DI KAPAL MV. KARTINI SAMUDRA: SEBUAH PENDEKATAN DENGAN METODE ANALISIS FFA DAN SMARTPLS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011227666T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011227666T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011227666T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011227666T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (14MB)
[img] Pdf (572011227666T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011227666T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (870kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Yudantama. 2024. “Strategi Optimalisasi Kinerja Diesel Generator di Kapal MV. Kartini Samudra: Sebuah Pendekatan Deangan Metode Analisis FFA dan SmartPLS”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. A Agus Tjahjono M.M, M.Mar.E., pembimbing II: Capt. Indah Saraswati, S.Pd., M.T., M.Mar. Untuk menjalankan fungsi pemutar rotor, mesin Diesel Generator (DG) harus selalu berada dalam kondisi yang baik dan siap digunakan setiap saat, serta beroperasi dengan efisiensi maksimal. Sistem listrik yang ada di atas kapal mencakup semua aspek seperti pergerakan kapal, pelayaran di laut terbuka, dan saat proses pengisian dan pengosongan di pelabuhan. Untuk menjaga agar DG tetap dalam kondisi baik dan optimal, PMS (Plan Maintenance System) memainkan peran yang sangat penting dalam kinerja DG tersebut. Berdasarkan pengalaman Peneliti, pada tanggal 20 Maret 2022 saat proses maneuver dan sudah dilakukanya pararel DG no. 1 dan DG no. 2. Saat One Hour Notice (OHN) berlangsung 1 jam, terjadi ledakan di DG no. 1 pada silinder blok nomor 6. Setelah dilakukan pengecekan ditemukan silinder blok no. 6 pecah dan piston rod terlepas dari crank shaft sehingga mengakibatkan penghentian sementara proses maneuver. Tujuan penelitian ini guna mengetahui faktor penyebab lepasnya piston rod, dampak dari lepasnya piston rod, upaya guna mencegah lepasnya piston rod, mengetahui strategi optimalisasi kinerja DG, serta mengetahui pengaruh perawatan, suku cadang, dan SDM terhadap kinerja DG, yang akan mempengaruhi kinerja ME. Penelitian ini menggunakan mix metode dengan teknik analisis data FFA (Force Field Analisys) dan Analisis SmartPLS guna memperolah strategi optimalisasi pada DG. Penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi mesin yang tua dan tidak mendapatkan perawatan yang memadai menjadi penyebab utama lepasnya piston rod, dan penggunaan suku cadang berkualitas rendah atau tidak asli dapat memperburuk situasi dan meningkatkan risiko kegagalan komponen, termasuk piston rod pada DG. Upaya memerlukan perawatan rutin dan berkala terhadap mesin DG adalah kunci utama untuk mencegah lepasnya piston rod. Ini meliputi monitoring kondisi mesin secara teratur, pemeriksaan suku cadang, dan perawatan tepat waktu sesuai jadwal dan memastikan operasional kapal dengan baik dapat mengurangi getaran tinggi akibat beban yang berlebih pada komponen mesin DG, termasuk piston rod. Untuk itu perlunya dilakukan dengan perkuat pelaksanaan perawatan, tingkatkan kerja sama crew mesin, perbaiki pengoperasian mesin, penuhi kebutuhan peralatan, terapkan sistem pencatatan yang tertib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: diesel generator, FFA, piston rod, SmartPLS.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:06
Last Modified: 02 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item