BERLIANO, PUTRA DHEVANTA (2024) ANALISIS INSIDEN TERSANGKUTNYA SPECIAL BUOY PADA PROPELLER KAPAL MV DK 03 SAAT MANUVER SANDAR DI S2P KARANGKANDRI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011117739N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011117739N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011117739N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011117739N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (4MB) |
|
Pdf (572011117739N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011117739N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (478kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Dhevanta, Berliano Putra. 2024. “Analisis Insiden Tersangkutnya Special Buoy Pada Propeller Kapal MV DK 03 Saat Manuver Sandar Di S2P Karangkandri”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dian Kurnianing Sari, S.ST., M.M., Pembimbing II: Ria Hermina Sari, S.S., M.Sc. Special buoy berfungsi sebagai penunjuk lokasi kabel atau pipa bawah laut, area latihan militer, zona rekreasi, stasiun pengumpulan data hidrografi jaringan Ocean Data Acquisition Systems (ODAS), area pengerukan, hingga zona pemisahan lalu lintas kapal. Ketika kapal MV DK 03 melakukan manuver sandar di S2P Karangkandri, Cilacap, kapal MV DK 03 mengalami insiden yang menyebabkan kapal terhambat dalam proses bermanuver sandar dan terlambat dalam kegiatan bongkar muatan di S2P Karangkandri, Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi penyebab dari insiden tersangkutnya special buoy pada propeller kapal, untuk mendeskripsikan dampak terhadap kapal dari insiden tersangkutnya special buoy pada propeller kapal, dan untuk menemukan upaya mengurangi risiko tersangkutnya special buoy pada propeller kapal di MV DK 03. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dari hasil pengumpulan data tersebut, analisis yang peneliti lakukan yaitu menggunakan analisis diagram fishbone. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penyebab dari tersangkutnya special buoy pada propeller kapal MV DK 03 adalah karena kurangnya penerapan dinas jaga dan manajemen sumber daya di anjungan, selain itu posisi special buoy yang larat tidak sesuai dengan posisi seharusnya di ECDIS juga menjadi penyebab buoy tersebut tersangkut pada propeller. Upaya yang dilakukan yaitu memperbarui ECDIS serta meningkatkan kewaspadaan perwira jaga saat melakukan pengamatan keliling sesuai dengan prinsip tugas jaga di laut berdasarkan BRM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: special buoy, manuver sandar, pengamatan keliling, BRM |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:40 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 06:40 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5848 |
Actions (login required)
View Item |