MADE GILANG, PUTRA NUGRAHA KENCANA (2024) PERAN AGEN DALAM PENANGANAN MUATAN BATU BARA YANG TERBAKAR PADA MV. FROSSO K DI TANJUNG BUYUT ANCHORAGE, PALEMBANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327529K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011327529K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011327529K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011327529K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (572011327529K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011327529K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Kencana, Made Gilang. 2024. “Peran Agen Dalam Penanganan Muatan Batu Bara Yang Terbakar Pada MV. Frosso K di Tanjung Buyut Anchorage, Palembang”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. LATIFA IKA SARI, S.Psi, M.Pd. Pembimbing II: Capt. DIAN KURNIANING SARI., S.ST., M.M. Agen merupakan perusahaan pelayaran nasional atau badan usaha milik negara yang khusus didirikan untuk melakukan usaha keagenan kapal, yang ditunjuk oleh perusahaan pelayaran asing untuk mewakili kepentingan kapalnya selama di Indoneisa. Dalam melaksanakan tugasnya, agen bertanggung jawab penuh atas kegiatan yang terjadi di atas kapal selama kapal berada di Indonesia. Penelitian ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi mengenai dokumen apa saja yang diperlukan dalam penanganan muatan batu bara yang terbakar pada MV. Frosso K di Tanjung Buyut Anchorage, Palembang, pihak-pihak mana saja yang dilibatkan serta peran agen dalam penanganan permasalahan tersebut. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian yang diperoleh penulis berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi pada penelitian ini dilakukan di Tanjung Buyut Anchorage, Palembang, selanjutnya pada proses wawancara penulis melibatkan beberapa informan, selain itu terdapat beberapa dokumen yang diperlukan dalam penyelesaian masalah yang terjadi yang selanjutnya dianalisa sehingga menjadi sebuah temuan yang diberikan pemecahan masalahnya dan menjadi sebuah tulisan penelitian. Dalam penulisan penelitian ini, penulis menggunakan triangulasi sumber serta triangulasi teknik dalam pengujian keabsahan data. Penelitian ini berfokus pada insiden terbakarnya muatan batu bara yang sering kali terjadi. Seperti yang sudah terjadi pada MV. Frosso K kapal curah lima palka dengan bendera Liberia yang mengangkut muatan batu bara, dimana muatan yang berada di tongkang serta yang berada di dalam palka terbakar. Oleh karena itu hasil dari penelitian ini menjelaskan terdapat beberapa dokumen yang diperlukan dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi antara lain: Bill Of Lading, Shipping Order, Cargo Manifest, Shipping Instruction, Stowage Plan, Mate’s Receipt, Statement Of Fact, Notice Of Readiness dan Letter Of Protest. Selain itu terdapat pihak-pihak yang dilibatkan dalam penanganan permasalahan yang terjadi antara lain: syahbandar, pemilik muatan, surveyor, dan foreman, serta peran agen dalam mengkoordinasikan seluruh pihak terkait dalam penyelesaian masalah tersebut dan berperan dalam penyelesaian urusan terkait dokumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Agen kapal, Kebakaran, Kapal curah |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:59 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5842 |
Actions (login required)
View Item |