FIGO, PRATAMA (2024) OPTIMALISASI PERAWATAN SISTEM BAHAN BAKAR GUNA MENUNJANG KINERJA DARI MESIN INDUK DI MV. THOMAS SELMER. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911227290T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911227290T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (329kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Pratama, Figo. 2024, NIT:561911227290 T. “Optimalisasi perawatan sistem bahan bakar guna menunjang kinerja dari mesin induk di MV. Thomas Selmer”. Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H.Mustholiq, M.M.,M.Mar.E., pembimbing II: Riyadini utari, M.Si. Mesin atau mesin penggerak utama pada kapal adalah alat yang digunakan untuk menggerakkan kapal dalam pengoperasiannya membawa muatan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sistem bahan bakar merupakan salah satu sistem yang mendukung pengoperasian mesin induk, maka dari itu sangatlah penting untuk menjaga kualitas dari bahan bakar yang digunakan di atas kapal. Tujuan penelitian skripsi ini adalah Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi buruknya kualitas sistem bahan bakar, untuk mengetahui dampak apa yang ditimbulkan dari tidak optimalnya perawatan sistem bahan bakar dan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengoptimalisasi perawatan sistem bahan bakar untuk menunjang kinerja dari mesin induk di MV. Thomas Selmer. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengolahan data fishbone untuk menggambarkan dan menjelaskan objek yang diteliti. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, dan wawancara, fishbone diagram adalah sebuah teknik pengolahan data yang digunakan untuk meningkatkan kualitas. Diagram ini menunjukan hubungan antara sebab dan akibat dari suatu permasalahan.Hasil penelitian menunjukan bahwa penurunan kualitas HFO di kapal MV.Thomas selmer disebabkan oleh beberapa hal, yaitu: Tidak optimalnya kinerja pada HFO purifier, Terbatasnya fuel oil chemical treatment, dan HFO yang tidak sesuai dengan standart ISO 8217. Dampak yang ditimbulkan dari tidak optimalnya perawatan pada sistem bahan bakar adalah terjadinya penurunan tekanan pada pompa, banyaknya endapan pada purifier, naiknya volume pada sludge tank dan pembakaran pada mesin induk menjadi tidak sempurna. Melaksanakan prosedur fuel oil analysis dan fuel oil treatment yang sesuai dengan manual book serta melakukan set point temperature sesuai dengan hasil laboratorium adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas bahan bakar agar kinerja mesin induk menjadi optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: fishbone, HFO, kualitas bahan bakar, perawatan |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:01 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:01 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5811 |
Actions (login required)
View Item |