PENANGANAN DEADFREIGHT CARGO SAAT LOADING BATU BARA PADA MV. GOLDEN MAGNUM DI PALEMBANG ANCHORAGE

KEVIN, SYEBA RIONG (2024) PENANGANAN DEADFREIGHT CARGO SAAT LOADING BATU BARA PADA MV. GOLDEN MAGNUM DI PALEMBANG ANCHORAGE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011317503K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011317503K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011317503K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011317503K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (572011317503K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011317503K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (61kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Riong, Kevin Syeba, 2024. “Penanganan Deadfreight Cargo Saat Loading Batu Bara Pada MV. Golden Magnum Di Palembang Anchorage”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I Dr. Nur Rohmah, S.E., M.M., Pembimbing II Erli Pujianto, S.E., M.M PT. Dizamatra Powerindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara dan pelaku ekspor batu bara di Provinsi Sumatera Selatan. Perusahaan yang menjadi pelaku ekspor harus teliti dan cermat dalam melakukan pemuatan sehingga tidak terjadi kekurangan muatan (deadfreight). Deadfreight Cargo terjadi pada PT. Dizamatra Powerindo pada tanggal 01-10-2023 saat melakukan supply baru bara di MV. Golden Magnum sebanyak 204 MT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan deadfreight cargo saat loading batu bara pada MV. Golden Magnum di Palembang Anchorage, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya deadfreight cargo saat loading batu bara pada MV. Golden Magnum di Palembang Anchorage dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk menangani terjadinya deadfreight cargo saat loading batu bara pada MV. Golden Magnum di Palembang Anchorage. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. Penyebab terjadinya deadfreight cargo pada MV. Golden Magnum karena kurangnya spare cargo pada setiap nominasi tongkang. Spare cargo umumnya diberikan sekitar 15 sampai 20 metrik ton tetapi PT. Dizamatra Powerindo tidak melakukan hal tersebut karena jumlah cadangan batu bara di stockpile yang dimiliki tidak mencukupi dan hanya dapat memberikan 8 MT dalam setiap tongkang. Akibat dari terjadinya deadfreight cargo pada MV. Golden Magnum adalah PT. Dizamatra Powerindo harus membayarkan jumlah kekurangan muatan yang terjadi dan juga biaya charter kapal. Upaya yang dilakukan PT. Dizamatra Powerindo saat terjadinya deadfreight cargo adalah dengan melakukan pengecekan muatan kapal sebanyak 3 kali guna mendapatkan density air laut yang dapat berpengaruh pada jumlah muatan. Hendaknya PT. Dizamatra Powerindo memperhitungkan estimasi kedatangan kapal dan juga jumlah cadangan batu bara yang ada di stockpile agar dapat terhindar dari deadfreight cargo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Deadfreight Cargo, Loading, Batu Bara
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:52
Last Modified: 22 Jul 2024 06:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5809

Actions (login required)

View Item View Item