GRATIA, NORISA ROSLAN (2024) ANALISIS KINERJA BONGKAR MUAT CURAH KERING DI DERMAGA 5 TERMINAL UMUM PT. PELINDO REGIONAL II BANTEN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327524K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011327524K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011327524K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011327524K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (572011327524K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011327524K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (404kB) |
Abstract
ABSTRAK Roslan, Gratia N. 2024. “Analisis Kinerja Bongkar Muat Curah Kering Di Dermaga 5 Terminal Umum PT. Pelindo Regional II Banten”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Fajar Transelasi, S,Tr,. M.A.P Pembimbing II: Moh. Zaenal Arifin., S ST.,M.M. Waktu bongkar muat, kapasitas pemanfaatan, dan efisiensi operasional, dapat mengukur kinerja pelayanan dermaga saat ini. Metode-metode di atas dapat digunakan untuk melakukan kajian ilmiah yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan di dermaga 5 terminal umum PT. Pelindo Regional II Banten dalam jangka waktu yang ditetapkan dan untuk memperkirakan kebutuhan masa depan. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang diperoleh peneliti berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi serta didukung teknik triagulasi data untuk menganalisis faktor yang menyebabkan masalah pada rumusan masalah pertama. Selanjutnya dianalisa sehingga menjadi sebuah temuan yang diberikan pemecahan masalahnya dan menjadi sebuah tulisan penelitian. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lamanya proses bongkar muat untuk kategori general cargo dan curah kering domestik tersebut yaitu Besar dan perbedaan muatan (volume) pada general cargo dan curah kering di dermaga 5 pada tahun 2022 dan Tingginya waktu yang terbuang percuma (idle time) pada dermaga 5.Untuk meningkatkan nilai tersebut perlu dilakukan perencanaan pemakaian alat yang lebih baik Kinerja dermaga 5 tahun 2022 Pelabuhan Banten menunjukan nilai T/G/H pada kapal domestik masih ada yang belum memenuhi standar ketentuan dan perlu adanya optimalisasi untuk meningkatkan nilai tersebut. Nilai BOR pada Pelabuhan Banten masih dibawah standar ketentuan walaupun tingkat kesibukan dermaga tersebut cukup tinggi tetapi masih bisa menampung lebih banyak kedatangan kapal untuk bongkar muat. Upaya peningkatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengendalikan peralatan bongkar muat dan jumlah gang, sedangkan besarnya volume dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan besarnya kapal yang masuk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Bongkar Muat, Dermaga, Kinerja |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 08:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 08:34 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5772 |
Actions (login required)
View Item |