JODI, HERMANTO (2024) TERKIKISNYA CRANK PIN BEARING BERPENGARUH TERHADAP PENGOPERASIAN DIESEL GENERATOR NO. 1 MV. JML ABADI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911227292T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911227292T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911227292T_SKRIPSI_OPEN ACCESS)
561911227292T_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf Download (4MB) |
|
Pdf (561911227292T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911227292T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (520kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Hermanto,Jodi 2024” Terkikisnya Crank pin bearing Berpengaruh Terhadap Pengoperasian Diesel Generator No. 1 MV. Jml Abadi”Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi,Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I:, H. Rahyono, SP.1., M.M., M.Mar.E Pembimbing II : Imam Safi’i S.Si.T., M.Si Diesel generator adalah perangkat pendukung listrik kapal, menyediakan daya untuk peralatan mesin, pencahayaan, sistem komunikasi, navigasi, AC, dan lainnya. Saat praktek laut di MV.Jml Abadi, terjadi kerusakan pada Crank pin bearing, mempengaruhi kinerja generator. Perawatan preventif, termasuk pemantauan tekanan minyak dan jam operasional bearing, sangat penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Dalam latar belakang, masalah teridentifikasi termasuk kerusakan Crank pin bearing, jam operasional berlebih, dan perawatan rutin yang tidak terjadwal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis SWOT dan SHELL untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi masalah tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terkikisnya Crank pin bearing pada diesel generator No.1 di MV.Jml Abadi disebabkan oleh penurunan tekanan minyak lumas akibat keterlambatan penggantian bearing, putaran mesin terlalu tinggi, dan lube oil filter yang kotor. Pencegahan melibatkan pemantauan, perawatan rutin, penggantian tepat waktu, dan pelatihan operator. Penelitian ini secara mendalam mengenai terkikisnya Crank pin bearing di MV.Jml Abadi, menekankan dampaknya terhadap kinerja mesin. Identifikasi faktor penyebab seperti penurunan tekanan minyak, putaran mesin tinggi, dan lube oil filter kotor menjadi landasan untuk upaya pencegahan, termasuk perawatan rutin dan pelatihan operator.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Diesel Generator, Crank pin bearing,Tekanan, Minyak Lumas |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 06:43 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 06:43 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5756 |
Actions (login required)
View Item |