ANALISIS HILANGNYA DAUN KEMUDI MT. KETALING PADA SAAT BERLAYAR DI LAUT JAWA

ARIF, DWIJA WASKITA (2024) ANALISIS HILANGNYA DAUN KEMUDI MT. KETALING PADA SAAT BERLAYAR DI LAUT JAWA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911117064N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911117064N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911117064N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911117064N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (561911117064N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911117064N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Arif, Dwija Waskita, 2023. “Analisis Hilangnya Daun Kemudi MT. Ketaling pada saat Berlayar di Laut Jawa”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Ibu Yustina Sapan, S.Si.t, M.M., Pembimbing II: Ibu. Kristin Anita Indriyani, S.ST., M.M. Dalam mengatur olahgeraknya kapal dilengkapi dengan daun kemudi yang dihubungkan dengan sistem kemudi menggunakan poros daun kemudi. Pada saat kapal sedang berlayar di Laut Jawa mengalami insiden yaitu kapal tidak mampu mengatur olahgeraknya karena daun kemudi hilang terlepas dari kapal sehingga arah halauan kapal tidak dapat dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab daun kemudi hilang terlepas dari kapal pada saat berlayar dan upaya yang dilakukan dalam menangani terjadinya insiden tersebut di atas kapal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data meliputi sumber primer dan sekunder dan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam penelitian lapangan. Untuk metode analisis data peneliti menggunakan triangulasi data serta fishbone diagram Hasil penelitian menyimpulkan penyebab hilangnya daun kemudi MT. Ketaling pada saat berlayar yaitu karena poros daun kemudi yang berperan sebagai penghubung daun kemudi dengan sisitem kemudi patah. Adapun penyebab patahnya poros daun kemudi yaitu kondisi kapal yang tua serta kurangnya perawatan yang mengakibatkan terjadinya korosi pada poros daun kemudi sehingga kekuatan strukturalnya berkurang, jenis instalasi daun kemudi mengantung mengakibatkan beban gaya terpusat pada poros daun kemudi, arus serta gelombang laut menambah beban gaya yang dialami poros daun kemudi. Upaya penanganan insiden hilang daun kemudi ini adalah dengan melakukan towing kapal menuju tempat dock untuk dilaksanakan perbaikan pemasangan daun kemudi. Disarankan pada saat kapal docking perawatan lebih dimaksimalkan lagi terutama perawatan pada bagian poros kemudi agar tidak timbul korosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Daun kemudi, Poros Daun Kemudi, Korosi.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:09
Last Modified: 19 Jul 2024 04:09
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item