HARJITO, HARJITO (2024) PENGARUH KEBOCORAN INTERCOOLER MAIN ENGINE TERHADAP PERFORMA PERMESINAN BANTU PADA SISTEM PENDINGINAN TERTUTUP DI MV.DK 03. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911237372T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237372T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911237372T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237372T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (561911237372T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237372T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (596kB) |
Abstract
ABSTRAK Harjito, 2023, NIT: 561911237372 T , “Pengaruh Kebocoran Intercooler Main Engine Terhdap Performa Permesinan Bantu Pada Sistem Pendinginan Tertutup di MV.DK 03”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq, M.M.M.Mar.E. Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST.,M.M. Kapal sebagai transportasi angkutan laut yang beroprasi sebagai jasa angkutan manusia maupun barang dari satu pulau ke pulau lain dan dari satu negara ke negara lain. Kelancaran kinerja system pendingin sangat penting guna menunjang layanan transportasi kapal, apabila intercooler mengalami kebocoran maka dapat menghambat proses kelancaran operasi kapal. Intercooler berfungsi untuk mengatur keseimbangan suhu dan meningkatkan kualitas udara yang masuk ke ruang bakar maka dari itu intercooler perlu perawatan dam perbaikan dengan baik supaya udara yang dihasilkan mempunyai suhu rendah dan bertekanan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahi faktor dan dampak penyebab menurunnya kinerja intercooler terhadap performa mesin induk dan upaya yang harus dilakukan untuk mencegah menurunnya kinerja intercooler. Peneliti menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Data data diambil dari data primer dan ata sekunder. observasi, wawancara dan studi pustaka merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan sehingga di dapatkan teknik keabsahan data. Data yang sudah teruji keabsahan yang dianalisa dengan menggunakan diagram fishbone dan menggunakan metode SHELL. Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa penyebab utama menurunnya kinerja intercooler adalah kotornya kisi kisi udara pada intercooler, banyaknya kotoran yang mengendap pada pipa pipa kondensor dan kurangnya supply air laut untuk proses pendinginan. Dari faktor penyebab tersebut mengakibatkan proses pendinginan mengakibatkan proses pendinginan berjalan tidak maksimal dan berdampak pada tenaga mesin induk yang dihasilkan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja intercooler adalah melakukan perawatan berkala yang sesuai dengan prosedur terhadap bagian bagian intercooler diantaranya adalah fins pada sisi udara tube pada bagian intercooler dan filter sea chest pada bagian pompa air laut untuk menunjang supply air laut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: intercooler, main engine, SHELL |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:46 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 08:46 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5702 |
Actions (login required)
View Item |