PENANGANAN MUATAN PETIKEMAS YANG OPTIMAL GUNA MENUNJANG KESELAMATAN KAPAL MV. TANTO BERSATU SELAMA DALAM PELAYARAN

LUCKY, YUDHA PRATAMA (2022) PENANGANAN MUATAN PETIKEMAS YANG OPTIMAL GUNA MENUNJANG KESELAMATAN KAPAL MV. TANTO BERSATU SELAMA DALAM PELAYARAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155567N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155567N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155567N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155567N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (17MB)
[img] Pdf (52155567N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
52155567N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (574kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pratama, Lucky Yudha, NIT. 52155567 N, 2022, “Penanganan Muatan Peti kemas yang Optimal Guna Menunjang Keselamatan Kapal MV. Tanto Bersatu Selama Dalam Pelayaran”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si, M.Mar., Pembimbing II: Kristin Anita Indriyani, S.ST, M.M. Peti kemas sangat berpengaruh dalam proses pemuatan di pelabuhan dan pemasangan peralatan lashing juga sangat di perlukan, untuk menjamin keselamatan kapal, awak kapal, dan terutama muatan petikemas selama dalam pelayaran hingga sampai di pelabuhan tujuan. Pengaturan dan pengamanan peti kemas yang baik dan memenuhi aturan pemuatan secara langsung menjamin keselamatan muatan itu sendiri. Walaupun sistem pengamanan peti kemas di atas kepal terkadang tidak sesuai aturan dan kemampuan kapal. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara selama melaksanakan penelitian. Sehingga di peroleh teknik keabsahan data terhadap penelitian yaitu dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan/verifikasi. Permasalahan terjadi pada saat kapal berlayar dari pelabuhan tanjung priok menuju ke pelabuhan makassar. Di temukan muatan peti kemas yang merenggang dan merapat. Setelah dilakukan pengecekan ternyata ada lashing bar dan turn buckle yang kendur serta bridge fitting yang patah. Syarat pemasangan lashing yang aman dan sesuai prosedur. Alat-alat lashing sebaiknya selalu dicek kelayakannya dalam penggunaan untuk memasang peti kemas. Melakukan perawatan secara berkala terhadap alat-alat lashing agar tidak menambah kelangkaan dan para crew kapal selama pelayaran hendaknya selalu mengawasi lashing muatan terutama jika ada cuaca yang buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peti kemas, lashing, pemuatan, kapal
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:42
Last Modified: 01 Jul 2024 03:42
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item