STRATEGI PEMELIHARAAN DAN PENCEGAHAN OVERHEAT PADA POMPA CARGO COMPRESSOR DIATAS KAPAL DALAM KEGIATAN BONGKAR MUATAN SEMEN CURAH DI PELABUHAN (STUDI KASUS PADA KAPAL MV. ROYAL PEACE)

IQBAL, HIDAYATUL BAROKAH (2024) STRATEGI PEMELIHARAAN DAN PENCEGAHAN OVERHEAT PADA POMPA CARGO COMPRESSOR DIATAS KAPAL DALAM KEGIATAN BONGKAR MUATAN SEMEN CURAH DI PELABUHAN (STUDI KASUS PADA KAPAL MV. ROYAL PEACE). Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911237355T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911237355T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (394kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Barokah, Iqbal Hidayatul. NIT. 561911237355 T, 2023, “Strategi Pemeliharaan dan Pencegahan Overheat pada Pompa Cargo Compressor Diatas Kapal Dalam Kegiatan Bongkar Muatan Semen Curah Di Pelabuhan (Studi Kasus Pada Kapal MV. Rotal Peace)”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Didik Dwi Suharso, S.Si.T. M.Pd., Pembimbing II: Imam Safi’i, S.Si.T., M.Si. MV. Royal Peace adalah kapal khusus yang digunakan untuk mengangkut muatan semen curah dengan menggunakan alat bongkar cargo compressor. Pada saat bongkar muatan di pelabuhan PT Semen Indonesia Group Banjarmasin mengalami kendala overheat pada cargo compressor, suhu mencapai 730C dari kondisi normal 650C dan segera dihentikan. Hal tersebut mengakibatkan terganggunya operasional kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab naiknya suhu cargo compressor, dampak yang diakibatkan, serta upaya yang harus dilakukan, menggunakan metode kualitatif dan studi kasus. Dengan data hasil dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi, diperoleh data berupa suhu, tekanan, log book, manual book dan diolah dengan teknik triangulasi. Data tersebut di analisis menggunakan Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terjadinya kebocoran pada casing cargo compressor menyebabkan air laut masuk ke dalam mesin dan akhirnya screw yang seharusnya berputar untuk menghasilkan tekanan udara yang tinggi agar material curah dapat dipindahkan dalam jumlah besar dengan kecepatan yang diinginkan menjadi lengket dan tidak berputar, filter yang kotor, sistem blow tank yang buntu merupakan faktor yang berpengaruh. Menurunnya kinerja cargo compressor dan terhambatnya operasional kapal termasuk dampak yang ditimbulkan. Melakukan general overhaul sesuai running hours, melakukan cleaning filter secara teratur, dan melakukan pengecekan pada sistem blow tank adalah upaya yang dilakukan agar kejadian serupa tidak terjadi kembali. Saran dari peneliti yaitu seluruh crew kapal agar melakukan perawatan sesuai manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: overheat, cargo compressor, perawatan
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 13 May 2024 09:21
Last Modified: 13 May 2024 09:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5650

Actions (login required)

View Item View Item