OPTIMALISASI PROSES DISCHARGE PRODUCT OIL JENIS B/30 DI MT. PEGADEN

IQBAL, WAHYU RADITYA (2024) OPTIMALISASI PROSES DISCHARGE PRODUCT OIL JENIS B/30 DI MT. PEGADEN. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911127121N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911127121N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (237kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Iqbal Wahyu R. NIT: 561911127121 N, 2024, “Optimalisasi proses discharge product oil jenis B/30 di MT. Pegaden”, skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Akhmad Ndori, S. ST., M.M, M.Mar, Pembimbing II: Bapak Pranyoto, S.PI, M.AP B/30 adalah Biosolar/Biodesel. Biosolar B/30 merupakan hasil pencampuran solar dengan minyak nabati yang berasal dari minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO). Bahan bakar ini memiliki komposisi perbandingan 30% bahan nabati dan 70% bahan solar. Sebelum bercampur dengan solar, minyak kelapa sawit bereaksi terlebih dahulu dengan methanol dan ethanol dengan katalisator NaOH atau KOH untuk menghasilkan fatty acid methyl ester (FAME), Dalam pelaksanaa proses discharge B/30 dari MT. Pegaden ke Jetty 2 Panjang, peneliti menemukan kendala-kendala selama proese discharge berlangsung yang membuat tidak optimalnya proses tersebut. Terjadinya kebocoran pipa terminal pada saat proses discharge berlangsung, disebabkan karena tingginya pressure manifold kapal. Dengan terjadinya kendala tersebut peneliti mengambil topic permasalahan ini karena memiliki tujuan penilitian yaitu, untuk mengetahui apa yang menyebabkan tidak optimalnya proses discharge B/30 di MT. Pegaden dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan agar proses discharge B/30 di MT. Pegaden berjalan dengan optimal dan tidak menimbulkan kesalahan. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan diagram fishbone. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan oleh peneliti terhadap proses discharge B/30, bahwa penyebab tidak optimalnya proses discharge adalah terjadinya kebocoran pipa terminal. Karena kurang komunikasi antara pihak terminal dengan kru kapal, dan menyebabkan naiknya pressure manifold kapal pada saat proses discharge berlangsung. Upaya yang dilakukan agar proses discharge B/30 menjadi optimal yaitu dengan melakukan koordinasi yang baik, memberikan familiarisasi dan pelatihan, memeriksa dan melakukan perawatan cargo equipment, dan melakukan pengawasan ekstra selama proses discharge berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Discharge, Product Oil, B/30.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 13 May 2024 08:56
Last Modified: 13 May 2024 08:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5645

Actions (login required)

View Item View Item