HIZKYA, DAUDSYAH ADINEGARA (2024) UPAYA PENINGKATAN EFISIENSI WAKTU PADA SAAT LOADING DI MT B PACIFIC. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911117050N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911117050N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (202kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Adinegara, Hizkya Daudsyah, 561911117050 N, “Upaya peningkatan efisiensi waktu pada saat loading di MT B Pacific”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Wahju Wibowo, S,Sos., M.Psi., M.Mar Pembimbing II: Yozar Firdaus Amrullah, S.S., M.Hum Kapal merupakan moda transportasi utama yang bergerak dalam sektor maritim. Pada umunya kapal tidak hanya berlayar membawa penumpang melainkan juga membawa muatan. Pada kapal tanker muatan yang dibawa dari pelabuhan satu ke pelabuhan lain berupa muatan cair. Proses pemuatan pada kapal tanker yaitu loading. Loading adalah proses pemindahan muatan dengan cara pengaliran muatan dari kapal ke terminal muat maupun sebaliknya. Kapal yang telah melaksanakan proses bongkar /muat memiliki jadwal yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Agar dapat tercapai efisiensi waktu ketika proses loading maka perlu adanya kedisiplinan dari pihak kapal maupun terminal terkait agar tidak terjadi keterlambatan. Olehkarena permasalahan tersebut maka peneliti mengangkat judul upaya peningkatan efisiensi waktu pada saat loading di MT B Pacific. Penulisan skripsi ini meliputi rumusan masalah faktor yang mempengaruhi kecepatan dan efisiensi loading, standar operasional prosedur, dan bagaimana cara mempercepat serta mengefisiensikan waktu loading. Metode penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara kepada beberapa kru kapal MT B Pacific, dokumentasi serta studi pustaka. Teknik analisis data dengan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi efisiensi waktu pada saat loading yaitu faktor internal yaitu optimalisasi persiapan, kelayakan dari peralatan yang digunakan ketika loading, kondisi tubuh dari kru yang bertugas dalam pelaksanaan loading dan faktor ekksternal yaitu keterlambatan datangnya cargo hose sebagai penyambung aliran muatan dari terminal ke kapal, standar oeprasional prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan Doorae Shipping Co., Ltd sudah dilaksanakan dengan baik oleh kapal MT B Pacific dengan bukti pemenuhan check list dengan kapten sebagai penanggung jawabnya yang selalu dilaporkan kepada perusahaan, dan ketika kapal akan melaksanakan loading harus dipersiapkan dengan baik akan tetapi persiapan tersebut jangan sampai mengganggu jadwal maintenance kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Loading, Standar Operasional Prosedur, Efisiensi |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:40 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:40 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5642 |
Actions (login required)
View Item |