YUSUP, ARIFIN (2024) OPTIMALISASI KERJA FUEL PUMP PADA DIESEL GENERATOR DI MV. APL JEDDAH. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911227306T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911227306T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911227306T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911227306T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (40MB) |
|
Pdf (561911227306T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911227306T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (540kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Arifin, Yusup 561911227306 T, 2024, “Optimalisasi Kerja Fuel Pump pada Diesel Generator di MV APL Jeddah”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Dosen Pembimbing I : Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T, M.T Pembimbing II : Capt. Anugrah Nur Prasetyo,M.Si,. M.Mar. Fuel Pump adalah sebuah komponen pada mesin Diesel generator yang berfungsi sebagai komponen pendorong bahan bakar bertekanan tinggi menuju nozzle untuk dikabutkan diruang bakar. Fuel pump bekerja dengan memanfaatkan dorongan dari camshaft oleh putaran mesin yang diteruskan hingga plunger akan mendorong bahan bakar dengan tekanan tinggi. Penurunan performa fuel pump menyebabkan pada proses kerja dari diesel generator menjadi terganggu hingga daya outputnya tidak mencapai proses kerja yang diharapkan. Jenis metode penelitian yang digunakan peneliti dalam melakukan penyusunan skripsi ini menggunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan SHEL karena peneliti menganggap lebih kompleks dalam pembahasan. Metode pengumpulan data menggunakan Triangulasi yaitu obervasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat analisis olah data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab tidak optimalnya kerja fuel pump pada diesel generator, dampak yang ditimbulkan dari tidak optimalnya keraj fuel pump pada diesel generator serta upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kerja fuel pump pada diesel generator di MV. APL Jeddah. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan ada beberapa faktor penyebab tidak optimalnya kerja fuel pump pada diesel generator di MV APL Jeddah antara lain secara fisik terlihat kondisi fuel pump mengalamai kebocoran yang disebabkan seal didalam fuel pump yang sudah mengeras dan kurang presisi karena tidak dilakukannya perawatan. Plunger yang aus menyebabkan tekanan tekanan bahan bakar menuju nozzle menurun. Kualitas bahan bakar yang kurang baik juga berpengaruh terhadap kerja fuel pump. Dampak yang terjadi berupa pembakaran yang kurang maksimal dan menghasilkan daya mesin kurang baik. Upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kerja fuel pump yaitu dengan melakukan overhoule dan melakukan penggantian part yang sudah mengalami kerusakan/jam kerjanya melewati batas standart. Membersihklan filter bahan bakar secara berkala waktu agar bahan bakar yang menuju fuel pump dalam keadaan benar-benar bersih.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Diesel Generator, Fuel Pump, plunger |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:15 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:15 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5636 |
Actions (login required)
View Item |