ILHAM, RAMADHAN (2024) PENYEBAB TERJADINYA KENAIKAN TEKANAN DAN TEMPERATUR PADA TANGKI MUATAN DENGAN METODE RELIQUEFACTION PLANT DI KAPAL MT.GAS KOMODO. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911137181N_PROSIDING_FULLTEXT)
561911137181N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAKSI Ramadhan, Ilham, 2024. “Penyebab Terjadinya Kenaikan Tekanan dan Temperatur Pada Tangki Muatan Dengan Metode Reliquefaction plant di Kapal MT. Gas Komodo”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I : Wahju Wibowo,S,Sos.,MPsi.,M.Mar, Pembimbing II : Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. LPG (Liquified Petroleum Gas) merupakan bahan bakar berupa gas yang dicairkan diperoleh dari proses distilade bertekanan tinggi, Komponen utama LPG terdiri dari hidrokarbon ringan berupa propane dan butane. LPG (Liquefied Petroleum Gas) mempunyai berat jenis spesifik yang rendah, tekanan yang tinggi, high pressure dalam tangki saat proses pemuatan adalah hal yang tidak diaharapkan pada transpotasi laut pengangkut gas, sebab bisa menyebabkan resiko berbahaya yaitu memungkinkan terjadinya discharging ship atau tekanan balik dari pipa kapal menuju terminal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab yang menghambat sistem kerja reliquefaction pada saat proses bongkar muat di kapal MT. Gas Komodo, dan untuk mengetahui bagaimana awak kapal menangani terjadinya kenaikan tekanan dan temperatur pada tangki muatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, dengan menerapkan model analisis SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware), Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto dan data-data mengenai penyebab terjadinya kenaikan tekanan dan temperatur pada tangki muatan dengan metode reliquefaction plant. Wawancara melibatkan 3 narasumber yaitu chief officer, gas engineer, dan second officer. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor penyebab terjadinya kenaikan tekanan dan temperatur pada tangki muatan di kapal MT. Gas Komodo adalah faktor tenaga, cargo condenser yang kotor, faktor air laut, kurangnya perawatan dan pembersihan. Penanganan guna mengatasi kenaikan tekanan dan temperatur di kapal MT. Gas Komodo adalah dengan melaksanakan perawatan berdasarkan pada instruksi manual book dan standar operasional prosedur, Melakukan koordinasi dengan perusahaan untuk penyusunan jadwal proses bongkar muat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : reliquefaction plant, pressure, temperature, penyebab. |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 13 May 2024 07:59 |
Last Modified: | 13 May 2024 07:59 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5633 |
Actions (login required)
View Item |