ANALISIS KERJA LUBRICAN OIL COOLER PADA MAIN ENGINE DI KM. VERTIKA

OGIE, ANDRIANSAH (2024) ANALISIS KERJA LUBRICAN OIL COOLER PADA MAIN ENGINE DI KM. VERTIKA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911237323T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911237323T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Ogie andriansah, 561911237323 T, 2024, “Analisis Kerja Lubrican Oil Cooler Pada Main Engine Di Km. Vertikal”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I : H. MUSTHOLIQ, MM, M.Mar.E dan Pembimbing II : MOHAMMAD SAPTA HERIYAWAN, S.Kom., M.Si. Pelumasan c merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan mengingat bahwa bila sampai terjadi suatu kelambatan dalam pelumasan atau pelumasan yang tidak sempurna makan akan mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian yang bergesekkan, rendahnya tekanan minyak lumas merupakan salah satu faktor penyebab tidak sempurnanya pelumasan pada mesin. Guna pelumasan bagi kinerja mesin induk yaitu untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin induk yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk me n g e t a h u i d a n menentukan penyebab dari menurunnya kinerja Lubricant Oil cooler pada main engine di KM. Vertikal, Untuk mengidentifikasi dampak dari menurunnya kinerja Lubricant Oil cooler pada main engine di KM. Vertikal, Untuk menemukan solusi yang dilakukan untuk meningkatkan kerjadari Lubricant Oil cooler main engine di KM. Vertikal. Penelitian ini dilaksanakan di KM. Vertikal, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan Teknik SHEL. Adapun responden adalah KKM dan Masinis II, Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ada beberapa faktor yang menyebabkan kurang optimalnya lubrication oil cooler pada mesin induk yaitu faktor mesin meliputi kerusakan pada gasket, faktor manusia yaitu kurangnya pemahaman masinis tentang lo cooler, faktor metode pengoperasian dan perawatan yaitu ketidaksesuain dalam melaksanakan PMS (Plan Maintenance System) serta faktor lingkungan yaitu kotornya filter sea chest. Dampak yang terjadi adalah menurunnya kinerja operasional mesin induk, kinerja lo cooler menjadi tidak maksimal, meningkatnya suhu minyak lumas pada motor induk dan naiknya pressure jacket cooling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Suhu, Minyak Lumas, Motor Induk, Lubricant Oil cooler, KM. Vertikal
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 May 2024 06:20
Last Modified: 06 May 2024 06:20
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item