KERUSAKAN METAL JALAN PADA AUXILLIARY ENGINEDI MT. SALMON MUSTAFA

RIZAL, RIVAI (2024) KERUSAKAN METAL JALAN PADA AUXILLIARY ENGINEDI MT. SALMON MUSTAFA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911227278T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911227278T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (54kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Rizal Rivai, 2024, NIT: 561911227278 T, “Kerusakan Metal Jalan Pada Auxiliary Engine Di MT. Salmon Mustafa”, skripsi Progam Studi Teknika, Progam Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Andy Wahyu Hermanto, ST , MT, Pembimbing II: M. Sapta Heriyawan, S.KoM, M,Si. Metal jalan merupakan dua buah lempengan yang memiliki permukaan yang sangat halus dan terdiri dari beberapa lapis logam yang memiliki kekerasan yang berbeda. Metal jalan merupakan bagian yang sangat vital yang mendukung kinerja dari connecting rod yang merupakan salah satu komponen dari poros engkol. Metal jalan di pasang untuk mencegah terjadinya gesekan antara Crank shaft dan connecting rod pada saat pembakaran yang mengubah gaya translasi dari piston akibat gaya dorong dari hasil pembakaran menjadi gaya putar pada poros engkol. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan metal jalan pada auxiliary engine di MT. Salmon Mustafa. 2) untuk mengetahui dampak kerusakan metal jalan pada auxiliary engine di MT. Salmon Mustafa. 3) untuk mengetahui bagaimana upaya mengantisipasi kerusakan pada metal jalan pada auxiliary engine di MT. Salmon Mustafa. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik fishbone analysis, dimana data didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Chief Enginer, Second Enginer dan Three Enginer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa penyebab rusaknya metal jalan pada auxiliary engine adalah Pelaksanaan PMS kurang optimal, Komponen metal jalan yang tidak sesuai, Tekanan minyak lumas menurun, pendinginan minyak lumas yang tidak optimal, Terdapat kerak pada komponen, terjadinya korosi atau pengikisan. Dampak dari faktor tersebut yaitu kinerja auxiliary engine menurun, putaran poros engkol tidak seimbang, dan rusaknya connecting rod dan crankshaft. Upaya untuk mencegah kerusakan pada metal jalan AE yaitu menambahkan volume minyak lumas, membersihkan cooler minyak lumas, menyetel LO temperatur serta LO pressure, membersihkan filter minyak lumas, pengecekan secara rutin metal jalan AE dan mengecek running hours minyak lumas AE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kerusakan, metal jalan, auxiliary engine
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 May 2024 04:37
Last Modified: 06 May 2024 04:37
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item