DHIMAS, WAHYU ERLANGGA (2024) ANALISIS PENYEBAB KURANG OPTIMALNYA PROSES TOP OVERHAUL TERHADAP KERUSAKAN EXHAUST VALVE MAIN ENGINE CYLINDER NO 4 DI MV. ORIENTAL EMERALD. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911227265T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911227265T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (58kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Erlangga, Dhimas Wahyu, 2024. “Analisis kurang optimalnya proses Top Overhaul terhadap kerusakan exhaust valve mesin induk cylinder no 4”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Didik Dwi Suharso, S.SiT, M.Pd.dan Pembimbing II : Ely Sulistiyowati, S.ST, MM Exhaust valve merupakan komponen penting dalam mesin pembakaran, seperti mesin bensin atau diesel. Exhaust valve berfungsi untuk mengatur aliran keluar gas buang dari ruang bakar mesin ke saluran cerobong. Pada saat kapal sedang berlayar dari jayapura menuju belawan terjadi gangguan kerja pada gas buang mesin induk karena suhu gas buang mesin induk nomor 4 mencapai 510 ℃. Dalam kasus tersebut, terdapat kemungkinan atau indikasi diantaranya kerusakan exhaust valve atau keausan spindel seat ring, pipa cabang buang dan seating buntu atau tersumbat yang menyebabkan mesin induk berhenti beroperasi sementara dan harus dilakukan pengecekan pada komponen exhaust valve. Pentingnya perawatan dan perbaikan exhaust valve dalam kelancaran pengoprasian mesin induk yang melibatkan pekerjaan bagian atas mesin induk terutama pada komponen seperti kepala cylinder, spindel, gasket, dan seating. Dengan menggunakan 2 metode penelitian 5 why dan fishbone yang meliputi pengumpulan data melalui pemeriksaan visual, analisis data historis perawatan mesin, dan wawancara dengan personel masinis di kapal yang terlibat dalam proses top overhaul. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor�faktor yang berpengaruh terhadap kurang optimalnya proses top overhaul (kerusakan exhaust valve) mesin induk, dan dampak yang mempengaruhi kurang optimalnya proses top overhaul serta bagaimana upaya dalam melakukan pengoptimalan proses top overhaul terhadap kerusakan (exhaust valve) mesin induk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa faktor yang berperan dalam kurang optimalnya proses top overhaul antara lain kurangnya pemeliharaan berkala, penggunaan suku cadang yang tidak sesuai standar atau kualitas rendah, serta penyetelan exhaust valve dan pemasangan komponen. Faktor lingkungan (jadwal operasional) juga berpengaruh terhadap kerusakan exhaust valve mesin induk cylinder nomor 4. Berdasarkan temuan ini, diberikan untuk meningkatkan pemeliharaan berkala yang lebih ketat, memperbaiki prosedur penggantian suku cadang dengan standar yang lebih tinggi, dan menjalankan proses top overhaul sesuai dengan manual book. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meminimalkan kerusakan pada exhaust valve dan meningkatkan kinerja mesin utama kapal untuk mendukung operasional yang lebih efisien dan aman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Optimalisasi, proses Top Overhaul, terhadap kerusakan exhaust |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:29 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5601 |
Actions (login required)
View Item |