RORO, ANKA NURASTI RAMADHANI (2023) ANALISIS TERJADINYA HIGH PRESSURE TANK PADA PROSES SHIP TO SHIP LOADING DI KAPAL LPG/C GAS NURI ARIZONA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911137170N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911137170N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (289kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Ramadhani, Roro Anka Nurasti, 561911137170. “Analisis terjadinya High Pressure Tank Pada Proses Ship to Ship Loading di Kapal LPG/C Gas Nuri Arizona”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I : Yustina Sapan, S.Si.T, M.M Pembimbing II: Awel Suryadi, S.ST,, M.Si LPG/C Gas Nuri Arizona merupakan kapal Gas jenis fully pressrurized, didesain dengan tangki tipe C untuk tekanan kerja kurang dari 5-7 bar. Pada13 Januari 2022 saat proses memuat Ship to ship loading cargo operation dengan Kapal Gas Pertamina 2 terjadinya high pressure tank, hal tersebut didapati dari hasil hourly record berdasarkan perhitungan suhu dan temperature. Pentingnya untuk selalu memperhatikan kondisi tekanan dan suhu pada tangki dikarenakan kenaikan temperatur berlebih saat proses memuat dapat menjadi faktor penghambat pelaksanaan pemuatan, sehingga diperlukan penanganan khusus dari crew deck yang bertugas dalam penanganan muatan guna menghindari terjadinya bahaya seperti ledakan yang disebabkan dari terlepasnya relieve valve, terjadinya pencemaran polusi, serta ancaman keselamatan jiwa di kapal. Terdapat rumusan masalah penelitian meliputi faktor yang menyebabkan terjadinya high pressure tank pada proses ship to ship loading dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi high pressure tank pada proses ship to ship loading di kapal LPG/C Gas Nuri Arizona. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh melalui data primer dan data sekunder, yang dimana didapatkan data dari Kapal LPG/C Gas Nuri Arizona melalui observasi secara langsung di atas kapal, wawancara dengan Mualim I&III juga didukung dengan studi pustaka selama penelitian di LPG/C Gas Nuri Arizona. Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya high pressure tank pada proses ship to ship loading di kapal LPG/C Gas Nuri Arizona adalah kurangnya penerapan loading plan pada sistem dinas jaga dan kurangnya kecekatan crew deck dalam menjalani compressor pada saat terjadinya kenaikan suhu dalam melaksanakan dinas jaga loading. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi high pressure tank pada proses ship to ship loading di kapal LPG/C Gas Nuri Arizona adalah perlunya meningkatkan pelaksanaan pemantauan petugas dinas jaga cargo loading operation yang disesuaikan dengan dokumen loading plan sehingga nantinya tidak terjadi kekeliruan sehingga dengan cepat melaporkan kepada perwira jaga yang memiliki tanggung jawab bilamana terjadi permasalahan di cargo tank.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : High pressure, loading, Dinas Jaga |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:41 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:41 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5591 |
Actions (login required)
View Item |