HIFZHAN, RIZKY FAHREZA (2024) ANALISIS TERIKATNYA JANGKAR KIRI MT.GAMSUNORO PADA SAAT BERLABUH JANGKAR DI PELABUHAN JEBEL ALI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911127119N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911127119N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Fahreza, Hifzhan Rizky, NIT. 562911127119 N, 2024, “Analisis Terikatnya Jangkar Kiri MT.Gamsunoro Pada Saat Berlabuh Jangkar di Pelabuhan Jebel Ali, Dubai”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yustina Sapan.S.Si.T, M.M, Pembimbing II: Retno Hariyanti,S.Pd., M.M Jangkar adalah perangkat penambat kapal ke dasar perairan, di laut, sungai ataupun danau sehingga kapal tidak dapat berpindah tempat karena dorongan angin, arus atau gelombang. Jangkar merupakan salah satu alat wajib yang ada di atas kapal mengingat fungsinya sebagai alat untuk menahan kapal supaya tidak bergerak dan tetap dalam posisinya, jangkar dirangkaikan dengan rantai jangkar yang pergerakannya turun dan naik yang diatur dengan menggunakan mesin jangkar (anchor windlass) yang dipasang di atas forecastle deck. Keadaan darurat yang terjadi pada saat kapal sedang berlabuh jangkar pun bermacam-macam, seperti tubrukan, kandas, jangkar larat, maupun terikatnya rantai jangkar. Terikatnya rantai jangkar merupakan kondisi saat keadaan rantai jangkar didasar perairan tidak teratur karena tidak sesuai dengan jumlah perhitungan panjang rantai shackle dan kedalaman dasar laut. Tujuan penelitian ini meneliti bagaimana penanganan terhadap terikatnya rantai jangkar kiri dan faktor-faktor penyebab terikatnya rantai jangkar kiri di kapal MT. Gamsunoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh saat observasi langsung, hasil wawancara dengan Nakhoda dan Mualim 1, hasil dokumentasi berupa gambar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara selama peneliti melaksanakan penelitian di MT. Gamsunoro. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fishbone Diagram, kemudian dilakukan uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak buah kapal kurang memahami prosedur berlabuh jangkar, kurangnya pengetahuan crew kapal dalam memahami prosedur berlabuh jangkar menimbulkan kurang maksimalnya proses berlabuh jangkar. Tindakan yang dilakukan dalam penanganan terhadap terikatnya rantai jangkar kiri MT. Gamsunoro yaitu memotong center shackle rantai jangkar agar dapat mempermudah mengeluarkan rantai jangkar yang terikat dan mengganti center shackle yang baru. Saran dari peneliti untuk dapat mencegah permasalahan pada rantai jangkar selalu memperhitungkan kondisi lingkungan dan area tempat berlabuh terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses berlabuh jangkar agar dapat disesuaikan dengan metode berlabuh jangkar yang akan digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: jangkar, rantai jangkar, berlabuh jangkar. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:43 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:43 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5580 |
Actions (login required)
View Item |