ANALISA TERJADINYA BLOW BY PADA SCAVING AIR CYLINDER NOMOR 1 DI MV. VERIZON

ISNA, LUTFI AL HAKIM (2024) ANALISA TERJADINYA BLOW BY PADA SCAVING AIR CYLINDER NOMOR 1 DI MV. VERIZON. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911237373T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237373T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911237373T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237373T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (561911237373T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237373T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (56kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Hakim, Isna Lutfi Al. 561911237373. 2024. “Analisa terjadinya Blow By pada Scaving Air Cylinder Nomor. 1 di MV. Verizon”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq M.M, M.Mar.E, Pembimbing II: Retno Hariyanti, S.Pd, M.M. Blow by Mesin diesel tipe 2 tak, umumnya memiliki beberapa kelemahan terkait konsumsi bahan bakar dan tingginya tingkat polusi yang dihasilkan. Salah satu penyebab utama adalah proses pergantian gas buang dari pembakaran dengan udara segar, yang dikenal sebagai scaving air. Dengan adanya penyebab kejadian tersebut, maka peneliti ingin mencari tahu mengenai faktor yang menyebabkan terjadinya blow by pada scaving air cylinder nomor1, dampak yang ditimbulkan blow by pada scaving air cylinder nomor1 dan upaya yang dilakukan untuk menangani blow by pada scaving air cylinder nomor 1. Untuk memperkecil lingkup penelitian peneliti hanya menggunakan satu subjek yaitu di MV Verizon sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Fishbone dan menggunakan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan metode ini peneliti dapat mengaitkan hasil dari data penelitian dan teori�teori yang ada sehingga peneliti dapat menghasilkan jawaban penelitian. Berdasarkan dari hasil penelitian mengenai terjadinya blow by pada scaving air cylinder nomor 1 di MV. Verizon adalah terdapat beberapa faktor penyebabnya antara lain Putusnya ring piston pada cylinder nomor 1, Kurangnya perawatan pada scaving air trunk, Keausan cylinder liner. Dampak yang disebabkan antara lain Cylinder liner aus, Terjadinya kerugian kompresi, Suhu scaving air panas, Ring piston aus. Upaya yang dilakukan dalam mengatasinya adalah mengganti ring piston dan cylinder liner dengan yang baru, Melakukan pengecekan dan perawatan pada scaving air, Pengecekan dan perawatan pada minyak lumas , Pengoptimalan pada sistem pelumas dan pendinginan ring piston.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Blow by, Scaving air, Cylinder nomor 1
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 04 May 2024 05:27
Last Modified: 04 May 2024 05:27
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item View Item