PENGARUH KEBOCORAN PADA SEAL STERN TUBE TERHADAP GESEKAN LANGSUNG ANTAR METAL POROS DAN BANTALAN MENYEBABKAN KERUSAKAN BANTALAN STERN TUBE MV. MAERSK NUSSFJORD

HAFIEL, ERIK GUNARDI (2024) PENGARUH KEBOCORAN PADA SEAL STERN TUBE TERHADAP GESEKAN LANGSUNG ANTAR METAL POROS DAN BANTALAN MENYEBABKAN KERUSAKAN BANTALAN STERN TUBE MV. MAERSK NUSSFJORD. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911237334T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237334T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911237334T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237334T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (561911237334T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237334T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (68kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Hafiel, Erik Gunardi, 2024, NIT: 561911237334 T “PENGARUH KEBOCORAN PADA SEAL STERN TUBE TERHADAP GESEKAN LANGSUNG ANTAR METAL POROS DAN BANTALAN MENYEBABKAN KERUSAKAN BANTALAN STERN TUBE MV.MAERSK NUSSFJORD”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang,Pembimbing I: H.Rahyono,SP.1, MM, M.Mar.E, Pembimbing II: Ir.Fitri Kensiwi,M.Pd Stern tube merupakan tabung poros baling-baling, menembus lambung kapal serta terletak di dasar permukaan laut Stern tube sangat penting dalam poros baling-baling sebagai media pelumasan dikapal. Seperti kita ketahui stern tube adalah pipa baja yang dibangun ke dalam struktur kapal untuk menopang dan mengelilingi poros penggerak yang menembus lambung kapal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik SHEL adalah salah satu metode untuk mengumpulkan data kejadian dengan Software-Hardware�Environment-Liveware. Data yang digunakan selama penelitian adalah menggunakan data primer dan data sekunder yaitu sebagai pendukung tersusunnya penulisan skripsi ini. Data yang diperoleh melalui data primer antara lain dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder antara lain dari studi pustaka. Metode kualitatif digunakan untuk membantu mengidentifikasi akar penyebab dari suatu masalah serta menemukan upaya untuk memperbaiki atau meminimalisir masalah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kebocoran pada stern tube disebabkan karena kelelahan bahan dimana pemakaian yang melebihi jam kerja dan kualitas seal yang tidak bagus. Naiknya suhu minyak lumas juga menjadi penyebab rusaknya seal. Ini disebabkan karena kotornya pipa-pipa pendingin serta saringan oli yang jarang dibersihkan. Dan yang terakhir kesalahan saat melakukan manovering yang berlebihan, maka pada sistem pelumasan stern tube tidak bekerja dengan maksimal. Ini dapat mengakibatkan terhentinya aliran minyak lumas yang berfungsi untuk melumasi stern tube yang mengakibatkan seal menjadi rusak atau bocor karena tidak ada minyak lumas yang melumasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebocoran, minyak lumas ,Stern Tube, Aft Seal.minyak lumas
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 04 May 2024 03:52
Last Modified: 04 May 2024 03:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item View Item