ANALISIS PENYEBAB PATAHNYA SHAFT IDLE GEAR L.O PUMP AUXILLARY ENGINE PADA KM. ARMADA SERASI

ADHLI, DWIYUDA SIREGAR (2024) ANALISIS PENYEBAB PATAHNYA SHAFT IDLE GEAR L.O PUMP AUXILLARY ENGINE PADA KM. ARMADA SERASI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911237326T_PROSIDING_FULLTEXT)
561911237326T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstrak- Shaft idle gear pada L.O pump dapat patah karena beberapa faktor, termasuk kelelahan material akibat tegangan dan beban berulang-ulang selama operasi. Beban berlebihan, seperti tekanan sistem yang terlalu tinggi atau kelebihan viskositas oli, juga dapat menyebabkan patahnya shaft idle gear. Kelelahan, kontaminasi, keausan, atau kegagalan sistem pelumas juga dapat berkontribusi pada kerusakan gear tersebut. Penelitian ini ingin mengetahui penyebab patahnya shaft idle L.O gear pump pada auxillary engine pada KM. Armada Serasi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi patahnya shaft idle L.O gear pump pada auxilillary engine KM. Armada Serasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan gabungan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data kualitatis menggunakan metode SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware). Penelitian ini dilaksanakan dan bertempat di KM. Armada Serasi sebagai tempat peneliti melaksanakan praktik laut selama 12 bulan. Dari hasil analisis data yang dilakukan patahnya shaft L.O gear pump auxillary engine di KM. Armada Serasi disebabkan oleh bushing aus dan longgarnya woodruff key shaft driven gear. Upaya yang dilakukan mengganti bushing yang aus dengan komponen yang baik, dan mengganti woodruff key shaft driven gear dengan komponen yang baik. Saran yang peneliti berikan meliputi pengecekan pada bushing setiap tiga bulan sekali, untuk mencegah terjadinya aus pada bushing yang menyebabkan patahnya shaft idle gear L.O pump dan mengencangkan baut woodruff key shaft driven gear sesuai dengan torsi yang sudah ditentukan agar baut tidak longgar,

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : ,Shel, Pompa L.O pump, Shaft idle gear l.O pump, Pelumas, Shaft idle Gear, Auxillary Engine.
Subjects: Prosiding
Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 04 May 2024 03:21
Last Modified: 04 May 2024 03:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5547

Actions (login required)

View Item View Item