ADHLI, DWIYUDA SIREGAR (2024) ANALISIS PENYEBAB PATAHNYA SHAFT IDLE GEAR L.O PUMP AUXILLARY ENGINE PADA KM. ARMADA SERASI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911237326T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237326T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911237326T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237326T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (561911237326T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237326T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (766kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Dwiyuda Siregar, Adhli, 2024. “Analisis Penyebab Patahnya Shaft Idle Gear L.O Pump Auxillary Engine Pada KM. Armada Serasi”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Dr. ALI MUKTAR SITOMPUL, M.T.,M.Mar.E Pembimbing II: Ir. FITRI KENSIWI, M.pd Shaft idle gear pada L.O pump dapat patah karena beberapa faktor, termasuk kelelahan material akibat tegangan dan beban berulang-ulang selama operasi. Beban berlebihan, seperti tekanan sistem yang terlalu tinggi atau kelebihan viskositas oli, juga dapat menyebabkan patahnya shaft idle gear. Kurangnya pemeliharaan, kontaminasi, keausan, atau kegagalan sistem pelumas juga dapat berkontribusi pada kerusakan gear tersebut. Gejala patahnya shaft idle gear L.O pump mencakup bunyi tidak normal, turunnya kinerja pompa, peningkatan getaran, dan kenaikan suhu yang dapat terdeteksi melalui pengawasan suhu rutin. Mengacu pada latar belakang masalah tersebut, penulis merumuskan masalah penelitian meliputi apa yang menyebabkan patahnya shaft idle L.O gear pump pada auxillary engine pada KM. Armada Serasi dan upaya apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi patahnya shaft idle L.O gear pump pada auxilillary engine KM. Armada Serasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data primer yang didapat melalui catatan hasil wawancara dengan masinis dan KKM, lalu data sekunder diperoleh dari manual book, buku, jurnal, artikel, yang berkaitan dengan topik penelitian yang dibuat. Teknik pengumpulan data menggunakan gabungan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data kualitatis menggunakan metode SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware). Penelitian ini dilaksanakan dan bertempat di KM. Armada Serasi sebagai tempat peneliti melaksanakan praktik laut selama 12 bulan. Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa patahnya shaft L.O gear pump auxillary engine di KM. Armada Serasi disebabkan oleh bushing aus dan longgarnya woodruff key shaft driven gear. Upaya penanggulangan melibatkan penggantian bearing yang aus dan woodruff key shaft driven gear dengan komponen yang baik. Saran yang penulis berikan meliputi pengecekan pada bushing setiap tiga bulan sekali, untuk mencegah terjadinya aus pada bushing yang menyebabkan patahnya shaft idle gear L.O pump dan mengencangkan baut woodruff key shaft driven gear sesuai dengan torsi yang sudah ditentukan agar baut tidak longgar, mengikat baut yang terlalu kencang menyebabkan putaran semakin berat pada bushing shaft idle gear pump dan apabila baut tidak terlalu kencang maka menyebabkan getaran bushing shaft idle gear tidak stabil ketika berputar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pompa, Pelumas, Shaft Idle Gear, Auxillary Engine |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 04 May 2024 03:17 |
Last Modified: | 04 May 2024 03:17 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5546 |
Actions (login required)
View Item |