PENGARUH KEBOCORAN DI TUBE L.O COOLER TERHADAP KENAIKANL.O TEMPERATUR YANG MENYEBABKAN TERGANGGUNYA PENGOPERASIAN AUXILIARY ENGINE NO. 3DI KM . SPIL HAPSRI

AGENG, BAYU SAPUTRO (2024) PENGARUH KEBOCORAN DI TUBE L.O COOLER TERHADAP KENAIKANL.O TEMPERATUR YANG MENYEBABKAN TERGANGGUNYA PENGOPERASIAN AUXILIARY ENGINE NO. 3DI KM . SPIL HAPSRI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911227261T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911227261T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911227261T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911227261T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (561911227261T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911227261T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (970kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Saputro, Ageng Bayu. 2024. “Pengaruh Kebocoran Di Tube L.O Cooler Terhadap Kenaikan L.O Temperatur Yang Menyebabkan Terganggunya Pengoperasian Auxiliary Engine No. 3 KM. Spil Hapsri”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Rahyono, SP.1.M.M.,M.Mar.E. Pembimbing II: Imam Safi’I, S.Si.T., M.Si. Auxiliary Engine generator merupakan suatu pesawat bantu atau permesinan bantu, yang berfungsi untuk menghasilkan listrik. Listrik tersebut berguna untuk keperluan diatas kapal seperti sebagai supply listrik pompa, peralatan listrik dan permesinan yang menggunakan energi listrik di atas kapal. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, triangulasi hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Digunakan teknik analisis data SHEL, peneliti mengidentifikasi faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkait pengaruh kebocoran Tube L.O Cooler Auxiliary. Engine No. 3 terhadap kenaikan L.O temperature. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kenaikan L.O temperature Auxiliary. Engine No. 3 disebabkan oleh tersumbatnya pada Tube L.OCooler, dengan adanya kebocoran tersebut akan berdampak pada komponen Tube L.O Cooler sehingga tekanan L.O menurun dan pelumasan L.O menjadi tidak maksimal. Upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan pembersihan pada Tube L.O Cooler yang tersumbat dan melakukan perbaikan Tube L.O Cooler yang bocor dengan cara di plug oleh karena itu terpaksa menggunakan Tube L.O Cooler yang telah diperbaiki agar auxiliary engine tetap beroperasi. pengantian spare part kapal dengan standar sesuai dengan manual book dan ukuran Tube L.O Cooler setelah perbaikan, serta melakukan plan maintenance system secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengaruh, Auxiliary Engine,Kebocoran, Temperature,MinyakLumas, Kapal
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 03 May 2024 08:28
Last Modified: 03 May 2024 08:28
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item View Item