PENINGKATAN KEAMANAN PADA MT B OCEAN SAAT MELEWATI HIGH RISK AREA DI PERAIRAN PANTAI GADING MENGACU REGULASI ISPS CODE

GADANG, KUMOROJATI (2023) PENINGKATAN KEAMANAN PADA MT B OCEAN SAAT MELEWATI HIGH RISK AREA DI PERAIRAN PANTAI GADING MENGACU REGULASI ISPS CODE. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911137198N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911137198N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911137198N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911137198N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (561911137198N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911137198N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (286kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Kumorojati, Gadang 561911137198 N, 2023. “Peningkatan Keamanan Pada MT. B. Ocean Saat Melewati High Risk Area di Perairan Pantai Gading Mengacu Regulasi ISPS CODE”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Akhmad Ndori, SST, MM,. M.Mar, Pembimbing II: Sri Purwantini, SE, M.M. M.Pd. Keamanan kapal saat melewati daerah berisiko tinggi merupakan tantangan serius dalam industri pelayaran. Daerah berisiko tinggi sering kali mencakup perairan yang dikenal sebagai jalur pelayaran berbahaya, yang rentan terhadap ancaman seperti perompakan, penculikan, dan tindakan kriminal lainnya. Peningkatan keamanan kapal di area ini menjadi imperatif untuk melindungi awak kapal, muatan, dan aset yang berharga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan kapal dan kewaspadaan awak kapal saat melewati High Risk Area. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan triangulasi digunakan untuk mendapatkan keabsahan data, kemudian data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa faktor yang mengakibatkan kurangnya keamanan pada MT. B. Ocean memasuki daerah High Risk Area. Faktor kurangnya pelatihan dan pengetahuan awak kapal dalam peningkatan keamanan. Faktor kurangnya ketelitian Awak kapal dalam SOP keamanan kapal. Faktor kurang maksimal dalam pemasangan alat keamanan di dek dan tidak lengkapnya ketersediaan suku cadang peralatan keamanan diatas kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: High Risk Area, keamanan kapal, ISPS Code
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 03 May 2024 07:21
Last Modified: 03 May 2024 07:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item