OPTIMALISASI MOTOR DIESEL GENERATOR CUMMINS NOMOR 1 PADA KINERJA PRESSURE TIME PUMP DI MV SURF MANDIRI

ISMAIL, MARZUKI TANJUNG (2023) OPTIMALISASI MOTOR DIESEL GENERATOR CUMMINS NOMOR 1 PADA KINERJA PRESSURE TIME PUMP DI MV SURF MANDIRI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (551811236934T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236934T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236934T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236934T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811236934T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236934T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (514kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI ISMAIL MARZUKI TANJUNG, 2023, NIT: 551811236934 T, “Optimalisasi Motor Diesel Generator Cummins No.1 pada Kinerja Pressure Time Pump di MV. Surf Mandiri”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Darul Prayogo, M.Pd, Pembimbing II: Ir. Fitri Kensiwi, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya penurunan tekanan Pressure time Pump pada motor diesel penggerak generator, Pressure Time Pump adalah bagian yang paling penting dari mesin disel yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke Nozzle Injector, menentukan jumlah bahan bakar yang di injeksikan serta menentukan timing injeksi nya, injeksi bahan bakar di lakukan dengan bantuan cam dan camchaft, untuk alasan ini ada kebutuhan dari sistem pasokan bahan bakar di ukur dan memonitor bahan bakar kedalam rung bakar. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab tidak optimalnya kerja Pressure Time Pump, dampak yang ditimbulkan dari tidak optimalnya Pressure Time Pump motor diesel generator, dan upaya cara mengoptimalkan kerja Pressure Time Pump motor diesel generator di MV. Surf Mandiri Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor- faktor yang menyebabkan tidak optimalnya kerja Pressure Time Pump motor diesel generator adalah disebabkan oleh kurang telitinya saat pengecekan dan perawatan, gangguan yang terjadi meliputi lecetnya Plunger Governor dan bahan bakar kotor. Kedua, dampak yang di timbulkan karena gangguan pada Pressure Time Pump mengakibatkan jumlah bahan bakar tidak dapat semuanya di tekan ke injektor karena bahan bakar lolos melewati celah goresan Plunger Governor dan akan terjadi kekosongan bahan bakar pada pipa tekan. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk menanggulangi tidak optimalnya kerja Pressure Time Pump motor diesel generator adalah perawatan dan perbaikan terhadap Pressure Time Pump sesuai jadwal, penyediaan suku cadang sesuai kebutuhan dari perawatan dan kerusakan, serta ke mengembalikan pengaturan. Saran dari penelitian ini adalah melakukan perawatan berkala secara rutin, pemahaman terhadap pengoperasian Pressure Time Pump motor diesel generator secara baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Optimalisasi, Motor diesel generator, Pressure Time Pump.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 03 May 2024 03:46
Last Modified: 03 May 2024 03:46
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item