PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TARUNA SEMESTER VII DAN VIII DI PIP SEMARANG

KRINSYA, TARIGAN (2023) PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TARUNA SEMESTER VII DAN VIII DI PIP SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811336988K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811336988K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811336988K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811336988K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811336988K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811336988K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (87kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Krinsya Tarigan, 2023, 551811336988 K, “Pengaruh Perkembangan Teknologi Digital terhadap Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Taruna Semester VII dan VIII di PIP Semarang”, Skripsi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Kristin Anita Indriyani, S.ST, MM, Pembimbing II: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si, M.M. Teknologi digital sangat berkembang pesat akhir-akhir ini. Media sosial adalah salah satu dari teknologi digital dimana pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi tanpa batasan. Namun, penggunaan teknologi digital yang berlebihan dapat mengakibatkan konsentrasi belajar taruna terganggu. Oleh sebab itu, peneliti mengangkat judul penelitian ini agar dapat mengetahui pengaruh perkembangan teknologi digital terhadap para taruna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perkembangan teknologi digital terhadap motivasi belajar serta kedisiplinan taruna semester VII dan VIII di PIP Semarang. Pada penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran dan keterangan-keterangan mengenai pengaruh perkembangan teknologi digital terhadap motivasi belajar dan kedisiplinan taruna Semester VII dan VIII di PIP Semarang sedangkan metode pengumpulan data dan analisis kuantitatif berfokus pada definisi dari penelitian tersebut. Hasil analisis menunjukkan hubungan positif teknologi digital terhadap motivasi belajar taruna sebesar 59% dan kedisiplinan taruna sebesar 54%. Ini berarti bahwa semakin kecanduan taruna terhadap penggunaan teknologi digital maka akan berpengaruh terhadap motivasi belajar dan kedisiplinan taruna tersebut. Lama waktu yang dihabiskan taruna dalam penghitungan terhitung selama 4 jam sehari. Untuk media social yang paling banyak dimainkan oleh taruna antara lain seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok. Ketiga media social tersebut sudah menjadi aplikasi yang diunggulkan dan banyak diminati oleh para taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP) Semarang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Teknologi Digital, Motivasi Belajar, Kedisiplinan
Subjects: Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:28
Last Modified: 18 Jan 2024 04:28
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item View Item