OPTIMALISASI KINERJA DI LINGKUNGAN ANJUNGAN KAPAL MELALUI KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS DI MT. LG ASPHALT 1

HANIF, KURNIA SHANDY (2022) OPTIMALISASI KINERJA DI LINGKUNGAN ANJUNGAN KAPAL MELALUI KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS DI MT. LG ASPHALT 1. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155651N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155651N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155651N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155651N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (52155651N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
52155651N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (489kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Kurnia Shandy, Hanif. 2022 “Optimalisasi Kinerja di Lingkungan Anjungan Kapal Melalui Komunikasi Bahasa Inggris di MT. LG Asphalt 1”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST., M.M. . Kinerja komunikasi dalam anjungan kapal terutama yang menyangkut navigasi sering mengalami miskomunikasi sehingga membuat kinerja di anjungan kapal tidak optimal yang bisa mengakibatkan kurang efektifnya kegiatan tersebut. Dalam proses komunikasi di lingkungan anjungan terutama yang berhubungan dengan navigasi pelayaran tentunya dibantu perwira di kapal dan company policy yang bersangkutan demi menciptakan kegiatan komunikasi navigasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan. Selain itu, perwira harus menyadari masalah yang menimbulkan tidak optimalnya proses komunikasi, salah satunya adalah masalah inkompetensi bahasa Inggris maritim kru kapal. Terdapat beberapa rumusan masalah yang akan dibahas di penelitian ini meliputi faktorfaktor yang menghambat proses komunikasi, dampak dari inkompetensi bahasa Inggris dan tidak optimalnya kinerja di anjungan, dan bagaimana cara mengatasi penghambat dalam proses komunikasi navigasi. Metode yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif yang akan mengembangkan dan menjelaskan data-data penelitian. Keterangan waktu dalam penlitian ini antara lain berada di kapal MT. LG Asphalt 1 selama praktek laut sejak 29 November 2017 sampai dengan 30 November 2018. Penulis mendapatkan beberapa hasil setelah melakukan penelitian ini yaitu terdapat 2 (dua) faktor penghambat optimalisasi kinerja di lingkungan anjungan kapal melalui komunikasi bahasa Inggris. Faktor pertama adalah faktor internal, inkompetensi kru akan bahasa Inggris maritim berdampak langsung pada saat proses komunikasi yang berakibat pada tidak optimalnya kinerja di lingkungan anjungan kapal. Faktor kedua adalah faktor eksternal, kebijakan perusahaan dalam melakukan maintenance kompetensi kru kapal yang kurang baik dan juga kualitas rekrutmen yang kurang selektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: komunikasi, miskomunikasi, bahasa Inggris maritim, optimalisasi.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:40
Last Modified: 18 Jan 2024 01:40
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item