CAHYO, AVRIANTO (2023) STRATEGI PENATAAN KARGO BATUBARA DI ATAS TONGKANG UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PENABRAKAN PADA JEMBATAN MARTADIPURA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911337474K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911337474K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911337474K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911337474K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (561911337474K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911337474K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (74kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Avrianto,Cahyo. 561911337474 K. 2023. ‘’Strategi Penataan Kargo Batu bara di Atas Tongkang Untuk Mencegah Terjadinya Penabrakan Pada Jembatan Martadipura’’. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yozar Firdaus Amrullah., S.S., M.Hum. Pembimbing II: Dr. Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar Pemuatan batu bara di kapal tongkang memerlukan penanganan yang tepat dan sistematis agar proses penyusunan muatan dapat berlangsung secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan stowage plan, pemuatan dilaksanakan melalui proses perencanaan penataan. Dalam kegiatan proses pengiriman batu bara tidak selamanya berjalan lancar. PT. Indo Tambangraya Megah, terjadi peristiwa penabrakan kargo terhadap jembatan Martadipura oleh tongkang Armada Kaltim 3003 yang ditarik oleh kapal tunda KSA 111. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab, dampak dan strategi penataan kargo batu bara di atas tongkang untuk mencegah terjadinya penabrakan pada jembatan martadipura. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang menjelaskan penelitian dilakukan secara menyeluruh pada objek yang diteliti dimana peneliti menjadi instrumen utama. Metode ini menggunakan dengan merangkai dari data-data yang sudah didapat, kemudian dianalisis untuk dihubungkan dengan teoriteori yang relevan, sehingga diperoleh kesimpulan yang analitis. Teknik pengumpulan data dapat menggunakan sumber primer atau sekunder. Selanjutnya dapat dilakukan pemantauan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi, maupun perpaduan ketiganya berdasarkan bidang teknis atau teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab muatan batu bara yang menyangkut di Jembatan Martadipura ialah puncak muatan gunung batu bara yang diangkut di tongkang terlalu tinggi, dampak yang ditimbulkan pihak shipper mengalami perubahan ulang Barge Schedule, dan strategi yang diperlukan dalam penataan kargo batu bara untuk mencegah terjadinya penabrakan pada Jembatan Martadipura adalah pembagian gunung batu bara dengan puncak lebih rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Stowage plan, Kargo, Tongkang, |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 03:45 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 03:45 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5409 |
Actions (login required)
View Item |