MUHAMMAD, TUAH SETIAWAN (2023) OPTIMALISASI PROSEDUR MEMASUKI ENCLOSED SPACE HYDROLIK PUMP ROOM GUNA MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN DIKAPAL MV. ORIENT KING. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911137186N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911137186N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911137186N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911137186N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (561911137186N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911137186N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (288kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Setiawan, Muhammad Tuah. NIT. 561911137186 N, 2023. “Optimalisasi Prosedur Memasuki Enclosed Space Hydrolic Pump Room Guna Mencegah Terjadinya Kecelakaan Dikapal MV. Orient King”. Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing Capt. Anugrah Nur Prasetyo., M.Si. dan Ibu Aryanti Fitrianingsih, S.T., M.T. Enclosed Space Hydrolik Pump Room adalah ruangan tertutup yang tidak terdapat ventilasi secara terus menerus sehingga udara yag terkandung dalam ruangan tersebut berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia. Hal ini disebabkan karena terdapat zat kimia yang memiliki racun dalam bentuk gas, uap, dan kurangnya kadar oksigen yang dikandung dalam ruangan tersebut. Pada tanggal 13 Februari 2022 telah terjadi peristiwa yaitu terkurungnya 2 orang crew kapal didalam Enclosed Space Hydrolik Pump Room selama 2 jam. Peneliti menarik sebuah rumusan masalah yaitu bagaimana prosedur crew MV. Orient King sebelum memasuki Enclosed Space, apakah faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja dalam Enclosed Space di kapal MV. Orient King, dan apa upaya pencegahan kecelakaan dalam Enclosed Space di kapal MV. Orient King. Dengan demikian peneliti tertarik mengangkat rumusan masalah untuk dibahas dalam skripsi ini. Metode penelitian dari skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara terhadap beberapa crew kapal MV. Orient King, dokumentasi, dan studi pustaka. Prosedur crew MV. Orient King sebelum memasuki Enclosed Space dilakukan tidak sesuai prosedur sehingga menimbulkan kecelakaan kerja atau terkurungnya 2 orang crew di dalam Enclosed Space, faktor penyebab terjadinya kecelakaan dalam Enclosed Space ialah crew tidak melaksanakan pekerjaan sesuai prosedur, upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam Enclosed Space adalah menambah wawasan dan pemahaman crew terhadap prosedur memasuki Enclosed Space dengan cara familiarisasi, pelatihan, dan menerapkan permit yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Enclosed Space, Prosedur, Keselamatan Kerja |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 03:10 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 03:10 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5399 |
Actions (login required)
View Item |