ANALISIS PELAYANAN JASA KEAGENAN DI PT. VARIA USAHA LINTAS SEGARA GRESIK

ERDIAN, RAMADHANI (2023) ANALISIS PELAYANAN JASA KEAGENAN DI PT. VARIA USAHA LINTAS SEGARA GRESIK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911337435K_PROSIDING_FULLTEXT)
561911337435K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi – Keagenan PT. Varia Usaha Lintas Segara (VULS) merupakan perusahaan yang ditunjuk oleh Pelayaran Indonesia sebagai agen dalam hal pengoperasian kapal tongkang, container, dan motor vessel. Kurangnya maksimal pada saat melakukan pelayanan jasa keagenan, sehingga mengakibatkan penumpukan antrian kapal di pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan jasa keagenan di PT. Varia Usaha Lintas Segara Gresik dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh PT. Varia Usaha Lintas Segara Gresik dalam meningkatkan pelayanan jasa keagenan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam metode pengumpulan data dan menggunakan metode fishbone analysis dalam menganalisa data. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2022 sampai dengan 28 juli 2022. Hasil dalam penelitian ini adalah pelayanan jasa keagenan yang ada di PT. Varia Usaha Lintas Segara Lintas Segara Gresik mengalami penumpukan antrian kapal di pelabuhan pada saat proses clearance. Upaya yang dilakukan PT. Varia Usaha Lintas Segara Gresik dalam meningkatkan pelayanan jasa keagenan adalah melakukan pelatihan secara rutin yang diikuti oleh kepala bidang keagenan dan kepada seluruh karyawan staf operasional keagenan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pelayanan jasa keagenan guna meminimalisir permasalahan penumpukan antrian kapal pada saat bongkar muat di pelabuhan sehingga proses clearance berjalan lancar dan melakukan sosialisasi kepada seluruh staf operasional keagenan PT. Varia Usaha Lintas Segara Gresik untuk memastikan bahwa mereka memahami dengan baik peran mereka dalam perusahaan, standar operasional dalam meningkatkan kinerja pelayanan jasa keagenan lebih baik sehingga berjalan dengan lancer pada saat proses clearance di PT. Varia Usaha Lintas Segara Gresik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Pelayanan, Jasa Keagenan
Subjects: Prosiding
Prosiding > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:59
Last Modified: 13 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5323

Actions (login required)

View Item View Item