AHMAD, ANDI FADHILLA HUSAIEN (2023) OPTIMALISASI LAYTIME DALAM BISNIS TIME CHARTER DI PT. PELITA SAMUDERA INDONESIA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911337451K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911337451K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911337451K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911337451K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (561911337451K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911337451K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (295kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Ahmad Andi Fadhilla Husaien, 2023, 561911337451, “Optimalisasi Laytime Dalam Bisnis Time Charter di PT. Pelita Samudera Indonesia”,Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Okvita Wahyuni, S.ST. M.M., Pembimbing II: Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.M., M.Mar. Laytime yaitu perhitungan waktu yang dihitung dari proses sandar di dermaga dan bongkar muat kapal sampai dengan akhir proses bongkar muat. Dalam kegiatan terdapat berbagai kendala yang menyebabkan keterlambatan laytime bongkar muat di pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab keterlambatan laytime muat dan bongkar dalam bisnis time charter di PT. Pelita Samudera Indonesia, dan upaya apa yang dilakukan PT. Pelita Samudera Indonesia terhadap kegiatan bongkar muat agar dapat optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi melakukan pengamatan terhadap proses bongkar muat barang di Pelabuhan, Sedangkan wawancara ini telah dilakukan dengan staff opersional PT. Pelita Samudera Indonesia dan staff agency untuk mengetahui penyebab keterlambatan laytime serta melampirkan bukti dokumentasi Dokumen seperti catatan peristiwa berupa foto saat di pelabuhan pada saat proses bongkar muat. Hasil penelitian bahwa penyebab keterlambatan laytime yaitu alat bongkar muat di kapal yang rusak seperti grab crane yang bocor, alat bongkar di pelabuhan yang kurang dan cuaca yang buruk di pelabuhan. Upaya yang dilakukan PT. Pelita Samudera Indonesia terhadap kegiatan bongkar muat dapat optimal dengan melakukan pengecekan kapal saat bongkar muat, berkoordinasi dengan perusahaan bongkar muat untuk kelengkapan alat bongkar darat dan Berkoordinasi dengan pihak dilapangan untuk memantau situasi cuaca di pelabuhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimalisasi, laytime, time charter |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 08:57 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 08:57 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5241 |
Actions (login required)
View Item |