AVISKA, BERLIAN FRIDAYANI (2023) OPTIMALISASI PROSES PENERBITAN KARTU E-PAS KECIL DI KSOP KELAS I TANJUNG EMAS SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911317386K_PROSIDING_FULLTEXT)
561911317386K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
Abstract
Abstraksi - Pada jaman yang serba digital ini semakin banyak ditemukan aplikasi atau web yang memiliki banyak fungsi. Oleh sebab itu setiap insan diharuskan untuk mengikuti perubahan tersebut. Pada industri maritim, pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyediakan layanan aplikasi berbasis web yaitu E-pass kecil. Tujuan dibuatnya aplikasi tersebut adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pelayanan khususnya pada industri pelayaran global. Namun dalam implementasinya, masih banyak ditemukan beberapa pihak yang masih belum memahami tentang cara penggunaan dan pengoperasian aplikasi E-pass kecil sehingga menjadi sebuah kendala tersendiri bagi pihak pemilik jasa. Dikarenakan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui proses penerbitan kartu E-Pas Kecil di KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan oleh KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang dalam mengoptimalkan proses penerbitan kartu E-Pas Kecil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan memberikan gambaran sebenarnya terkait dengan masalah yang terjadi selama kurun waktu penelitian selama 5 bulan di KSOP Kelas 1 Tanjung Emas Semarang. Sumber data berdasarkan observasi langsung pada tempat penelitian dan juga literatur pustaka sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dengan pengolahan data Fishbone peneliti bertujuan agar masalah dapat teridentifikasi sebab akibat permasalahan tersebut. Teknik uji keabsahan yang digunakan peneliti adalah mencocokan antara hasil dari observasi dan wawancara agar data yang diperoleh semakin valid. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa proses penerbitan kartu E-Pas Kecil di KSOP Kelas I Tanjung Emas belum berjalan secara optimal dikarenakan minimnya pengetahuan para nelayan terkait kartu E-Pas Kecil dan jarak tempuh pengukuran kapal yang jauh, serta koneksi internet yang tidak stabil. KSOP Kelas 1 Tanjung Emas telah melakukan beberapa upaya guna mengatasi kendala dalam proses penerbitan seperti melakukan sosialisasi dan membuka gerai kartu E-Pas Kecil, serta melibatkan langsung petugas dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk selalu melakukan maintenance berupa memastikan mengecek komputer dan jaringan secara rutin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-Pass Kecil, aplikasi, Penerbitan. |
Subjects: | Prosiding Prosiding > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 07:15 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 07:15 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5217 |
Actions (login required)
View Item |